Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO BERGAMBAR TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI UANG DI SDN NOREH 1Penulis : ANNISAUL MUFIDATUS SANIDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si.Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media kartu domino bergambar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi uang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Noreh 1 Sampang yang berjumlah 43 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis aktivitas siswa menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,43 > ttabel = 2,0195 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran menggunakan media kartu domino bergambar terhadap aktivitas siswa. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,15 > ttabel = 2,0195 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan pembelajaran menggunakan media kartu domino bergambar terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan media kartu domino bergambar terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada materi uang di SDN Noreh 1. Kata kunci: Media Kartu Domino Bergambar, Aktivitas dan Hasil Belajar.
AbstractionThis research aims to determine the effect of learning using pictorial domino card to the activity and students’ learning outcomes on the material of money. This research is a quantitative research using Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design form. This research was conducted in grade III of SDN Noreh 1 Sampang which was amounted 43 students. The sampling technique using Non Probability Sampling with saturated sample method. Data collection techniques used are test and observation. Based on hypothesis test result of students’ activity used t-test obtained tcount = 2,43 > ttable = 2,0195 so Ho was rejected and Ha was accepted. In other words, there is a significant differences in learning using pictorial domino card to the students’ activity. Meanwhile, the result of hypothesis test for students’ learning outcomes used t-test, it was obtained tcount = 2,15 > ttable = 2,0195 so Ho was rejected and Ha was accepted. Hence, there is a significant difference of learning using pictorial domino card to the students’ learning outcomes. It can be concluded that there is a significant effect of learning using pictorial domino card to the activity and students’ learning outcomes in grade III on the material of Money at SDN Noreh 1. Keywords: Pictorial Domino Card, Activity and Learning Outcomes.