Detail Karya Ilmiah

  • PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS SD (Studi deskriptif terhadap problematika guru di Kecamatan Kamal dalam pembelajaran IPS SD berkaitan dengan media pembelajaran)
    Penulis : Hanida Rusmi Sofyanti
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto,S.Sos.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mahmud,S.IP.,M.Si
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru sekolah dasar di kecamatan Kamal berkaitan dengan media belajar dalam mata pelajaran IPS serta mengetahui upaya guru sekolah dasar di kecamatan Kamal dalam menangani problematika yang berkaitan dengan media belajar dalam mata pelajaran IPS. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey/ non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas sekolah dasar di Kecamatan Kamal sebanyak 195 guru. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik proportional menggunakan rumus Slovin dengan sampel penelitian sebanyak 66 guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan problematika umum yang dialami guru adalah berkaitan dengan usia siswa, pengetahuan awal siswa, gaya belajar siswa, motivasi belajar siswa, tujuan belajar IPS, metode belajar, partisipasi siswa, ketersediaan media, kelayakan media, keterampilan diri, efisiensi waktu membuat media, dan efisiensi waktu dalam menggunakan media. Upaya menangani problematika yang umum dilakukan guru adalah dibantu sekolah dalam menggunakan media, mencari informasi melalui internet, menambah wawasan dengan membaca buku, dan melakukan diskusi dengan sesama pendidik. Problematika yang paling banyak dialami guru terkait tujuan belajar IPS dengan perolehan skor 85%. Sedangkan Upaya menangani permasalahan guru paling banyak berupaya menambah wawasan diri melalui membaca buku dengan perolehan skor 100%. Kata Kunci : Problematika pembelajaran, upaya guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Media belajar.

    Abstraction

    Abstract The research iam are for knowing elementary school teacher problems that related with learning media in social studies lesson and for knowing elementary school teacher efforts on handle problems that related with learning media in social studies lesson. Approach of research use descriptive quantitative and use a survey method or non eksperimen. Population in research are class teachers elementary school of Kamal subdistrict as many as 195 teachers. Determination of sample use a proportional technique with Slovin formula and sample of research as many as 66 teachers. Data collection technique use questionnaire and documentation. Result of research show general problematic teacher are student age, first student knowledge, style of student study, motivation of student study, aim of social study, study of method, student participation, media availability, media advisibility, self skill, time efficiencies to make media, and time efficiences to use media. Efforts to handle general problematic by teacher are get help by school in use a media, to look for information from internet, adding concept by reading a book, and discussion with teacher. Teacher have a lot of problem with social studies learning goals score 85%. While from 8 effort list handle problems teacher effort add self insight through reading book score 100%. Key words : Problematic of learning, Teacher effort, Social studies, Learning media.

Detail Jurnal