Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas V Semester Ganjil UPTD SDN Noreh VIII.
    Penulis : ROHIMATUS SYARIFAH
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental Design, penelitian ini dilaksanakan di kelas V UPTD SDN Noreh VIII yang berjumlah 40 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Sampling Total, yang mana seluruh anggota populasi di jadikan objek penelitian. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Index Card Match terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada Metode Index Card Match memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan (uji-t), maka diperoleh nilai thitung sebesar 4,312 dan ttabel t(?/2, n1+n2-2) = 2,024. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan Metode Index Card Match memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN Noreh VIII.

    Abstraction

    This research is a quantitative study using the Quasi Experimental Design design, this study was conducted in class V of UPTD SDN Noreh VIII, amounting to 40 students. Samples are taken using the Total Sampling Technique, where all members of the population are subjected to research. Samples taken were 2 classes. This study aims to determine the effect of the Index Card Match Method on student learning outcomes. The results of the study show that there is an Index Card Match method that influences student learning outcomes based on the results of the calculation of significant tests (t-test), then tcount obtained is 4.312 and t table t (? / 2, n1 + n2-2) = 2.024. With the value of tcount and ttable obtained tcount> ttable, this means Ho is rejected and Ha is accepted. So that learning by using the Index Card Match Method gives a significant influence on the learning outcomes of fifth grade students of the UPTD Noreh VIII SDN.

Detail Jurnal