Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA LAGU ANAK BERTEMAKAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN GILI ANYAR TAHUN PELAJARAN 2017-2018
    Penulis : Qurrotu Zahiroh
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang puisi dan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagu anak pada siswa kelas V SDN Gili Anyar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan direduksi dan ditriangulasi kemudian dianalisis oleh peneliti. Pada saat pembelajaran guru menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis puisi dengan mengunakan media lagu anak. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) siswa bisa memahami materi puisi dengan benar. Pemahaman siswa tentang materi puisi diketahui dari pemahaman siswa tentang pengertian puisi, jenis puisi dan unsur-unsur puisi. (2) kesulitan yang dihadapi siswa saat menulis puisi yaitu, siswa sulit untuk merangkai kata-kata dalam puisi, siswa kurang mendapatkan imajinasi, dan siswa bingung memilih lirik lagu yang akan digunakan dalam puisinya. (3) siswa mampu menulis puisi dengan menggunakan media lagu anak-anak. Dari hasil analisis puisi siswa diketahui bahwa siswa bisa menulis puisi dengan benar. hasil puisi siswa terdapat unsur-unsur yang ada dalam puisi yaitu tema, rasa, bahasa, rima, dan amanat. Puisi yang ditulis menjadi puisi yang indah. Kata kunci : kemampuan menulis puisi, media pembelajaran lagu anak

    Abstraction

    This study aims to determine students' understanding of poetry and to describe the ability to write poetry by using the media of children's songs on grade V SDN Gili Anyar students. This research uses qualitative research. Data collection used in this research are observation, interview, and documentation. The collected data will be reduced and then triangulated then analyzed by the researcher. At the time of learning teachers apply learning Indonesian, especially the material to write poetry by using the child's song media. The results of the research note that (1) students can understand the material of poetry correctly. The students 'understanding of the poetry material is known from the students' understanding of the meaning of poetry, the type of poetry and the elements of poetry. (2) difficulties students encounter when writing poetry ie, students are difficult to string words in poetry, students get less imagination, and students are confused choosing the lyrics to be used in the poem. (3) students are able to write poetry by using children's song media. From the results of student poetry analysis known that students can write poetry correctly. the results of student poetry there are elements in the poem that is the theme, taste, language, rhyme, and mandate. Poetry is written into beautiful poetry. Keywords: ability to write poetry, learning media of children song

Detail Jurnal