Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Media Transparan Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Sambungrejo
    Penulis : Dwi Yuni Rokhmawati
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Dwi Yuni Rokhmawati. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Media Transparan Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Sambungrejo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sambungrejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan media transparan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik, yang ditinjau dari ketuntasan hasil belajar, aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian untreaded control grup design with pretest and posttest. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SDN Sambungrejo. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan angket. Data yang telah terkumpul, setelah itu dianalisis menggunakan uji statistik. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan media transparan dinyatakan efektif karena ketuntasan hasil belajar secara klasikal yang diperoleh yaitu 86,95%, rata-rata aktivitas guru sebesar 96,74 dengan kategori sangat baik, rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 93,66 dengan kategori sangat baik, respon peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 93,04 dengan kategori sangat baik dan motivasi belajar diperoleh rata-rata sebesar 84,52 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran ARIAS, Media Transparan, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

    Abstraction

    Dwi Yuni Rokhmawati. 2017. Effectivity of Learning ARIAS Model By Transparan Media to Study Result and Math Study Motivation In grade 4th of SDN Sambungrejo. Thesis, Elementary School Teacher Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor 1: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. Advisor II: Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research uses quantitative approach. It is done in grade 4th of SDN Sambungrejo. The purpose of the study is to enhance the effectivity of match learning using ARIAS model by transparan media to study result and math study motivation, which gotten from result study, teacher’s activities, student’s activities and their responses. This research uses untreaded control grup design with pretest and posttest. The samples of this study is the grade 4th students of SDN Sambungrejo. The data are collected using test, observation and quisionaire. Then, it is analyzed using statistic test. Math learning use ARIAS Model by transparan media is effective because classically mastery learning is 86,95%, the average of teacher’s activities is 96,74 which is categorized very good, the average of student’s activities is 93,66 which is categorized very good, the student’s response is 93,04 which is also categorized very good and the study motivation is 84,52 which is categorized very good. Keywords: Effectivity, ARIAS Learning Model, Transparan Media, Study Result, Study Motivation.

Detail Jurnal