Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Batang Napier Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian
    Penulis : Aisyah Budiantini
    Dosen Pembimbing I : Moh.Edy Nurtamam., S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan kurangnya penggunaannya media pembelajaran dalam membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran Matematika. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam proses pembelajaran. Media batang napier pada materi operasi hitung perkalian dikembangkan dengan tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik dan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono tahapannya terdiri dari identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi masal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil kelayakan ahli media pembelajaran sebesar 92%, ahli desain pembelajaran sebesar 97,3%, ahli materi sebesar 96%, dan ahli bahasa sebesar 92% dan hasil rata-rata dari keempat validator tersebut adalah 94,3% (sangat layak). Keefektifan media batang napier diperoleh dari ketuntatasan belajar siswa sebesar 100% (sangat efektif), lembar observasi aktifitas siswa sebesar 90% (sangat efektif) dan lembar observasi aktifitas guru sebesar 97% (sangat efektif). Kemenarikan dari uji coba produk diperoleh hasil sebesar 98,3% (sangat menarik) dan uji coba pemakaian sebesar 98% (sangat menarik). Kata kunci: Media pembelajaran, matematika, perkalian, pengembangan, Borg and Gall, batang napier

    Abstraction

    ABSTRACT This development is motivated by the limitations of the types of learning media used by teachers and the lack of use of media used for learning in helping the learning process on Mathematics subjects. Learning media is one of the most important factors in the learning process. The use of batang napier as a media in the multiplication operation material aims to make the materials become easier to understand and the learning process becomes more interesting. This study uses the Borg an Gall model that has been modified by Sugiono which consists of problem identification, information gathering, product design, design validation, design improvement, product testing, product revision, usage testing, final product revision, and mass production. Based on the research conducted, the results of the feasibility of instructional media experts were 92%, learning design experts were 97.3%, material experts were 96%, and language experts were 92%, and the average results of the four validators is 94,3% (very decent). The Effectiveness of media batang napier gained from students who completed learning the materials was 100% (very effective), student activity observation sheet percented in 90% (very effective) and teacher activity observation sheet percented in 97% (very effective). The interesting resulted from product trials obtained 98.3% (very interesting) and for trial usage was 98% (very interesting). Keywords: Learning media, mathematics, multiplication, development, Borg and Gall, batang napier

Detail Jurnal