Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SDN Banyuajuh 6 Kec. Kamal
    Penulis : Try Kurniawan
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Multimedia interaktif pembelajaran merupakan komponen pembelajaran yang digunakan bagi siswa sebagai alat bantu pembelajaran pada kurikulum 2013 dan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, keterterapan, dan keefektifan dari multimedia interaktif pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Banyujauh 6. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan dessiminate. Guru hanya menggunakan buku paket, papan tulis dan terkadang memberikan media hanya berupa gambar sebagai sumber belajarnya dengan disertai metode yang masih konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, dapat disimpulkan bahwa kelayakan multimedia interaktif yang diperoleh dari hasil validasi ahli sebesar 82,5% dengan kriteria valid atau layak digunakan. Kemenarikan multimedia interaktif yang diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 88% dengan kategori sangat menarik. Keterterapan dari multimedia interaktif yang diperoleh dari angket observasi guru sebesar 88% dengan kategori sangat valid dan keefektifan multimedia interaktif yang diperoleh dari hasil aktivitas siswa sebesar 88% dengan kategori sangat efektif. Kata kunci: Multimedia interaktif pembelajaran, Kurikulum 2013, Multimedia pembelajaran

    Abstraction

    Interactive multimedia learning is a learning component used for students as a learning tool in the 2013 curriculum and assist teachers in carrying out learning activities. This study aims to determine the feasibility, attractiveness, implementation, and effectiveness of interactive multimedia learning in grade 4 students SDN Banyujauh 6. This research is a development research using 4-D model of Thiagarajan which consists of define, design, develop, and dessiminate. Teachers only use package books, whiteboard and sometimes give the media only a picture as a source of learning with accompanied by methods that are still conventional. Based on the results of research and development, it can be concluded that the feasibility of interactive multimedia obtained from the validation of experts at 82.5% with valid criteria or feasible to use. The attractiveness of interactive multimedia obtained from the result of questionnaire from student response is 88% with very interesting category. The effectiveness of interactive multimedia obtained from questionnaire of teacher observation is 88% with very valid category and interactive multimedia effectiveness obtained from student activity result 88% with very effective category. Keywords: Interactive Multimedia, Multimedia Learning, Curriculum 2013

Detail Jurnal