Detail Karya Ilmiah

  • KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI KELAS 1 SDN PASESEH 2 TANJUNGBUMI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SISWA
    Penulis : Reski Amaliyya
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Reski Amaliyya. 2017. Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas I SDN Paseseh 2 Tanjungbumi Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura.Pembimbing: (1) Sulaiman, S.Pd., M.Pd., (2) Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Kemampuan membaca permulaan sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya, karena kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan dasar untuk kemampuan lainnya agar siswa dapat memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan bagi siswa yang memiliki latar belakang pendidikan TK dan mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan bagi siswa yang tidak memiliki latar belakang pendidikan TK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Paseseh 2 Tanjungbumi yang berjumlah 20 siswa. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian ditriangulasidan dianalisis oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa yang diukur dariempat indikator. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Taman Kanak-Kanak Reski Amaliyya. 2017. Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas I SDN Paseseh 2 Tanjungbumi Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura.Pembimbing: (1) Sulaiman, S.Pd., M.Pd., (2) Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Kemampuan membaca permulaan sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya, karena kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan dasar untuk kemampuan lainnya agar siswa dapat memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan bagi siswa yang memiliki latar belakang pendidikan TK dan mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan bagi siswa yang tidak memiliki latar belakang pendidikan TK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Paseseh 2 Tanjungbumi yang berjumlah 20 siswa. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian ditriangulasidan dianalisis oleh peneliti. Hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa yang diukur dariempat indikator. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Taman Kanak-Kanak

    Abstraction

    Amaliyya Reski. 2017. The Ability of Reading Basic For Paseseh 2Elementary School First Grade Tanjungbumi was Potrayed by Education background of The Students. Thesis. Elementary School Theacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: (1) Sulaiman, S.Pd., M.Pd., (2) Umi Hanik, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT The ability of reading basis it was important in learning of Indonesia Language and other learning, because reading basis was foundamental of learning for another capability of students. Therefore, the students could understand the course that teacher gave. The purpose in this research were for descripting the ability of reading basis of students who have education kindergarten’s background, and descripting the ability of reading basis of students who have not education kindergarten’s background. The subject of the research was the first grade students of Paseseh 2 Tanjungbumi elementary school that consisted 20 students. The methodology of this research is qualitative research with descriptive approach. The technique of collecting data consisted of test and documentation. The data were processed by triangulation and analized by the researcher. The result of this research is the ability of the students that measured by four indicators. Kata Kunci: The Ability Reading Basis, Kindergarten.

Detail Jurnal