Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN MOTIVASI SISWA KELAS III SDN GILI TIMUR 2 KECAMATAN KAMALPenulis : LULUK ARIFAHDosen Pembimbing I : Drs. Harun Al Rasyid, M.Si,Dosen Pembimbing II :Isna ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Gili Timur 2 yang berjumlah 42 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik solvin karena 2 kelompok yang diambil memiliki jumlah yang berbeda. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Inside Outside Circle (IOC) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Gili Timur 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik Inside Outside Circle (IOC) memberi pengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN Gili Timur 2, berdasarkan hasil perhitungan uji komparatif (uji-t), maka diperoleh pada data pretest nilai thitung sebesar 0,21 dan ttabel 2,101, hal ini berarti Ho diterima, sedangkan pada data posttest diperoleh nilai thitung sebesar 2,84 dan ttabel 2,101, hal ini berarti Ho ditolak. Sehingga penerapan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Inside Outside Circle (IOC) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Gili Timur 2. Sedangkan hasil analisis angket motivasi belajar siswa diperoleh skor 6,33 yang tergolong kuat, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif teknik inside outside circle (IOC) dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci: pembelajaran IPA, hasil belajar siswa, motivasi belajar, dan model pembelajaran
AbstractionThis research is quantitative research using Quasi Experimental design. The research was held in 3rd class of SDN Gili Timur 2 Kamal which amounted 42 students. The sample was taken by using solvin technique because 2 groups that were taken held have ammount and samples taken as many as 2 classes. This research aims to determine the effect of cooperative learning model of Inside Outside Circle (IOC) assisted on a motivation and the result of science at class three of students of SDN Gili Timur 2 Kamal. Research result show that cooperative learning model of Inside Outside Circle (IOC) assisted give class students of SDN Gili Timur 2 Kamal. Based on calculation result of comparative test (uji-t) hence obtained at pretest data value of thitung is 0,21 and ttabel is 2,101. This means Ho was accepted, while the posttest data value of thitung is 2,84, and ttabel is 2,101. That means Ho is rejected. So, the application by using cooperative learning model of Inside Outside Circle (IOC) assisted gives a significant effect class students of SDN Gili Timur 2 Kamal. While the result of questionnaire of motivation of study of students obtained score of 6,32 is excellent. It can be concluded that student’s motivation in the experimental group after being given cooperative learning model of Inside Outside Circle (IOC) assisted was success ful. Key words : The science study, student learning outcomes, student motivation ,and the learning model.