Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TIGA ANGKA TERHADAPMINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN TANJUNG JATI 1 KAMAL
    Penulis : Badi’atus Shidqoh
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran menggunakan media kartu domino pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan tiga angka terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini berjumlah 43 siswa, 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket minat dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data hasil perhitungan uji dua sampel independen untuk angket minat diperoleh nilai thitung = 3,25 > ttabel = 2,02 sehingga Ho ditolak yang artinya ada perbedaan nilai rata-rata angket minat siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji regresi linier sederhana, koefisien korelasi dengan menggunakan persamaan regresi diperoleh Y = 25,10 + 0,81X, serta uji signifikansi untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung = 7,85 > ttabel = 2,02 Ho ditolak artinya pembelajaran Matematika dengan menggunakan media kartu domino memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Tanjung Jati 1. Kata kunci : Media Kartu Domino, Minat, Hasil Belajar.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this research is to find the influence of learning use dominoes cards media on mathematics for the addition and substraction subjects of three numbers toward interest and student learning outcomes. This research using a quantitative research with the experimental methods. Design used is quasi-experimental design. Sampling techniques used is saturation sampling. Sample in this research are 43 students, 22 students as a class experiment and 21 students as a class control. Data collection technique was conducted with using tests, surveys and observations. Based on data analysis the calculation on two sample independent test for survey is thitung = 3,25 > ttabel = 2,02 that Ho is rejected which means there are average value differences of students interest questionnaires between experiment classes and control classes. While for the simple linear regression test, correlation coefficient used regression equation acquired Y = 25,10 + 0,81X, also significance test for the result of the students is gotten thitung = 7,85 > ttabel = 2,02 Ho is rejected that which means learning math using domino cards cause a significant influence to learning outcomes on 3rd grade students of SDN Tanjung Jati 1. Keywords: Domino Cards as a Media, Interest, Learning Outcomes.

Detail Jurnal