Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI SISWA DI KELAS V SDN BLEGA 3 BANGKALAN
    Penulis : AMALINA SYAFAATUL UDZMA
    Dosen Pembimbing I : Dr Harun Al Rasyid, M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik terhadap kemampuan multipel representasi siswa, (2) mengetahui respon siswa setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik terhadap kemampuan multipel representasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Blega 3 terdiri dari 50 siswa. Penelitian ini mengunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian menujukkan, (1) berdasarkan hasil perhitungan uji signifikansi, maka diperoleh nilai t hitung sebesar 4,18 dan t tabel t(?/2, n-2) = 2,07. Dengan t hitung xix > t tabel ditolak dan H a diterima. (2) respon siswa memperoleh rata-rata sebesar 97,2% dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan multipel representasi siswa di kelas V SDN Blega 3 Bangkalan. Kata kunci: Pembelajaran IPA, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Multipel Representasi.

    Abstraction

    The purposes of this research are to : (1) know the influence of learning natural science by scientific approach to students ability multiple representation, (2) know the response from students after following natural science learning by using scientific approach to the ability of multiple representation. This study uses a quantitative approach to the design of quasi-experimental design with nonequivalent control group design types. The population in this study is the fifth grade students of elementary schol blega 3 consists of 50 students. This study uses a sampling technique that is saturated sampling technique when all members of the population used as a sample. The result of the research shows, (1) based on the counting significance test, then it is procured score t count as big as 4,18 and t table at = t(?/2, n-2) = 2,07. By t count xx > t table , which means that H o is rejected and H a is accepted. (2) the students response earned an average of 97,2% in very good category. So that it can be concluded that learning natural science by using scientific approach gave significant influence to multiple representation ability in fifth grade elementary school blega 3 Bangkalan Keywords: Learning Natural Science, Scientific Approach, Multiple Representation Ability

Detail Jurnal