Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER 1 MATA PELAJARAN IPA KELAS II DI SD NEGERI KECAMATAN SOCAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
    Penulis : Dwi Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester mata pelajaran IPA kelas II di SD Negeri Kecamatan Socah Tahun Pelajaran 2016/2017 berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan kepraktisan soal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas II SD Negeri Kecamatan Socah sebanyak 989 siswa. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik sampling kuota, dengan sampel penelitian sebanyak 285 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, validitas butir soal dari 20 soal objektif tipe jawaban singkat 95% valid ada 1 soal (5%) yang tidak valid karena nilai validitas menunjukkan hasil dibawah 0,3 sedangkan untuk soal uraian terbatas yang terdiri dari 10 butir soal menunjukkan hasil validitas yang baik yakni 100% valid. Berdasarkan reliabilitas soal, soal tersebut memiliki koefisien reliabilitas yang baik yakni untuk soal objektif tipe jawaban singkat sebesar 0,84 sedangkan untuk soal uraian terbatas sebesar 0,79 dengan kriteria reliabel. Aspek tingkat kesukaran soal, soal objektif tipe jawaban singkat mendapatkan hasil 45% mudah, 50% sedang dan 5% sukar sedangkan soal uraian bebas menunjukkan hasil perhitungan 41,4% dengan kategori sedang. Aspek daya pembeda, soal objektif tipe jawaban singkat memperoleh hasil 5% dengan kriteria baik sekali, 35% dengan kriteria baik, 40% dengan kriteria cukup dan 20% dengan kriteria jelek sedangkan untuk soal uraian bebas hasil daya pembeda menunjukkan hasil keseluruhan baik atau signifikan. Aspek kepraktisan soal menunjukkan hasil baik. Kata Kunci : Butir soal, Ilmu Pengetahuan Alam ?

    Abstraction

    This study has an objective to know the items quality of Final Test of Science subject of elementary school grade 2 in Socah in the Academic Year of 2016/2017 based validity level, reliability, and difficulty, differentiation levels and practical item. This research is a quantitave-descriptive research. The population of this study is elementary school grade 2 in Socah as much as 989 students. Sample was determined by using quota sampling technique, with sample of 285 students. The results of the study show that for on the validity of the items, from 20 items only one item was found invalid because the result is under 0.3. Meanwhile, the 10 essay questions is 100% valid. According to the items realibility, the questions have good realibilities coefisience with 0.84 for the short answer and 0,79 for the essay questions. The difficulties level of multiple choice questions results as follows: 45% is easy, 50% is fair, and 5% is difficult. While, for the essay questions results 41,4% is fair. The aspect of distinguishing results of the short answer is 5% with a very good criterion, 35% is good, 40% is fair and 20% is poor. Lastly, the free essay questions show an entirely good result and significant. Therefore, aspect practical item result as good. Keywords: Items, Natural science

Detail Jurnal