Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS III SD YPI DARUSSALAM CERME GRESIK
    Penulis : Saidah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Saidah. 2017. Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas III SD YPI Darussalam Cerme Gresik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si., Pembimbing II: Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD YPI Darussalam yang berjumlah 65 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Solvin, sehingga sampel berjumlah 56 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika menggunakan model Course Review Horay terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model Course Review Horay secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, thitung sebesar 7,94 dengan ttabel t(?/2, n-2) = 2,06 untuk hasil belajar, thitung sebesar 3,86 dengan ttabel t(?/2, n-2) = 2,00 untuk aktivitas siswa, dan thitung > ttabel berarti Ho ditolak. Menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model Course Review Horay berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas III SD YPI Darussalam Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Kata Kunci: Model Course Review Horay, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa.

    Abstraction

    Saidah. 2017. The Influence of Mathematics Learning Using Course Review Horay Model in Student Learning Outcomes and Student Activities in third grade of SD YPI Darussalam Cerme Gresik. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si., and Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research was quantitative research using Quasi Experimental design. This research was conducted in third grade of SD YPI Darussalam which amounts to 65 students. The sample was taken using Solvin Technique and the sample amounted to 56 students. The purpose of this study is to know the influence of mathematics learning using course review horay model in student learning outcomes and student activities. The results showed that the results of learning outcomes and student activities in mathematics learning using Course Review Horay model is significantly better than students who follow conventional learning. Based on the results of t-test calculation, tcount of 7.94 with ttable (t = ? / 2, n-2) = 2.06 for learning result, tcount of 3.86 with ttable t (? / 2, n-2) = 2 , 00 for student activities, and tcount > ttable. It means that Ho rejected. This shows that mathematics learning using Course Review Horay model has significant effect in learning outcomes and student activities in third grade students of SD YPI Darussalam Cerme, Gresik. Keywords : Course Review Horay Model, Learning Outcomes, Student Activities

Detail Jurnal