Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS APERSEPSI GURU SEKOLAH FULL DAY SCHOOL DAN SEKOLAH REGULER (Studi Kasus Guru Kelas I Sampai Kelas VI SDIT AL-Hidayah dan SDN Bluto 1 Pada Mata Pelajaran IPS SD)Penulis : Lailatul FitriyahDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.SiAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pemahaman guru tentang apersepsi di full day school SDIT Al-Hidayah dan SDN Bluto 1 pada mata pelajaran IPS sekolah dasar, (2) Mendeskripsikan apersepsi apa saja yang dilakukan guru di full day school SDIT Al- Hidayah dan SDN Bluto 1 pada mata pelajaran IPS sekolah dasar, (3) Mendeskripsikan perbedaan apersepsi guru yang dilakukan di full day school SDIT Al-Hidayah dan SDN Bluto 1 pada mata pelajaran IPS sekolah dasar. Kegiatan apersepsi guru merupakan penghubung antara pembelajaran yang sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dipelajari. Guru dalam memberikan apersepsi tidak terlepas dari keempat macam kegiatan apersepsi diantaranya : ice breaking, fun story, musik, dan brain gym. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas I sampai guru kelas VI dan kepala sekolah di sekolah SDIT Al-Hidayah Pangarangan dan SDN Bluto 1. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul direduksi dan ditriangulasikan kemudian dianalisis oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan beberapa diantara guru masih banyak yang belum memahami arti dari apersepsi, padahal kegiatan apersepsi selain sebagai penghubung pembelajaran juga sebagai 3 kegiatan yang menarik dan menyenangkan agar siswa di kelas tidak mudah jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan apersepsi dapat membantu guru dan untuk memudahkan siswa agar lebih memahami pelajaran yang akan dipelajari, dan membuat siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran terutama dalam pembelajaran IPS SD. Kata kunci : Apersepsi, macam-macam kegiatan apersepsi, perbedaan apersepsi.
AbstractionABSTRAK This study aims to (1) Describe the understanding of teachers on apperception in full day school SDIT Al-Hidayah and SDN Bluto1 of social class subject on elementary school. (2) Describe what perceptions teachers do in full day school SDIT Al-Hidayah and SDN Bluto 1 of social class subject on elementary school. (3) Describe the difference do in full day school SDIT Al-Hidayah and SDN Bluto 1 of social class subject on elementary school. The teacher apperception activity is the link between the previous learning and the lesson to be learned. Teachers in providing Teachers in providing apperception cannot be separated from four kinds of apperception activities include: ice breaking, fun story, music, and brain gym. This research uses descriptive qualitative research. 2 Informants in this research are class I to class VI teachers and principals in the schools of Al-Hidayah SDIT Pangarangan and SDN Bluto 1. Data collection in this research used interview, observation and documentation. The collected data is reduced and triangulated and then analyzed by the researcher. Based on the results of research in the field some of the teachers are still many who have not understood the meaning of apperception, whereas apperception activities other than as a liaison of learning as well as interesting and fun activities, so that students in the class of are not easily bored and bored in following learning. so it can be concluded that the activities apperception can help teachers and to facilitate students to better understand the lessons to be learned, and make students interested in following the lessons, especially in learning of social class subject on elementary school. Keyword : Apperception, kind of apperception activity, differences Apperception