Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SDN Karang Dalem 1 Sampang.Penulis : nuril aviaDosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid. M.SiDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana S.Pd., M.PdAbstraksi
Avia, Nuril.2017. Pengaruh Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SDN Karang Dalem 1 Sampang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Dr. Harun Al Rasyid M.Si. Pembimbing II Isna Ida Mardiyana S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahmanan konsep IPA antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share)dan kelompok siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model konvensioanal pada siswa kelas V SDN Karang Dalem 1 Sampang. jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik solvin. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman,observasi dan angket siswa. Rata-rata hasil nilai posttest kelas eksprimen dengan jumlah 80,62, sedangkan kelas kontrol 67,18. Hasil dari observasi keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 80 sedangkan pertemuan kedua memperoleh nilai rata-rata 95,4 dari kedua pertemuan tersebut dikategorikan sangat baik. Hasil angket respon siswa menunjukkan persentase 94,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasilpenghitungan uji t komperatif, pada nilai prettest diperoleh nilai thitung?ttabel atau jika -1,697?-0,56?1,697 maka Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan nilai prettest antara kelompok eksprimen dan kelompok kontrol, sedangkan uji t komparatif pada nilai posttest diperoleh nilai thitung>ttabel = 7,95>1,697 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan nilai posttest antara kelompok eksprimen dan kelompok kontrol yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran SSCS(Search, Solve, Create, and Share) terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SDN Karang Dalem 1 Sampang. Kata-kata Kunci : Model Pembelajaran SSCS(search, solve, create, and share), Pemahaman Konsep.
AbstractionAvia Nuril.2017. The Effect of Learning Model SSCS (Search,Solve, Create, Share) Undertanding Concept in 5th grade of SDN Karang Dalem 1 Sampang. Thesis. Elementry School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Dr Harun Al Rasyid, M. Si. Advisor II Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to determine the differences in science concept between students that used SSCS (search, solve, create, and share) model learning and students that used conventional model learning in 5th grade of SDN Karang Dalam 1 Sampang. This study is conducted by applying quasi experimental using nonequivalent control group research design. This study is held in the 5th grade of 64 students. This study uses solvin technique. The research instruments of this study are understanding test, observation, and student response. The result of posttest in experiment is 80,62 while in control class is 67,18. The result of observation implementation in the first meeting the evarage is 80 and the second meeting is 95,4. Both of them are in very good category. The result of students response is 94,8% in very good category. The result of t test comperative, the prettest is tcount ? ttable or if -1,697? -0,56? 1,697, ho is received. It means that there is no distination in prettest between experiment grup and control grup. T tes comperative in posttest is tcount > ttable = 7,95 > 1,697 so that Ho is rejected an Ha is received. It means that there is distinction in posttest between experiment grup and conrtol grup. It shows that there is significant influences between SSCS model toward understanding concept in 5th grade student. Keywords : SSCS Model, undertanding concept