Detail Karya Ilmiah

  • Pembelajaran Siswa Kelas Rendah di Full Day School (Studi Kasus Problematika Pembelajaran di SDIT Ala Bashiroh).
    Penulis : Moch Fauzan Kurniawan
    Dosen Pembimbing I : Mahmud, S.I.P, M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd, M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan problematika pembelajaran internal serta eksternal siswa kelas rendah di full day school serta upaya yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah untuk mengatasinya. Pelaksanaan pembelajaran dengan sistem full day shool menimbulkan potensi yang lebih besar terhadap munculnya kesulitan dalam belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas rendah SDIT Ala Bashiroh dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mengamati langsung kegiatan pembelajaran di kelas rendah, wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, guru kelas rendah dan siswa kelas rendah untuk mendapatkan data yang akurat dan maksimal. Terakhir dokumentasi berupa foto, gambar dan data rekaman hasil wawancara. Data dianalisis menggunakan model Miles and Huberman dan akan dicek kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi. Pembelajaran di kelas rendah SDIT Ala Bashiroh dilaksanakan pada pukul 07.00-14.00 WIB dengan muatan pembelajaran Al-Quran, formal dan diniyah. Problematika yang dialami siswa saat pembelajaran diantaranya berasal dari faktor internal seperti timbulnya rasa bosan dan semangat belajar yang rendah, juga dari faktor eksternal diantaranya penyediaan sarana dan prasarana yang belum maksimal. Untuk mengatasi problematika tersebut guru berupaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Sedangkan upaya yang dilakukan sekolah yaitu berusaha menyediakan fasilitas penunjang yang memadai. Kata kunci: Problematika pembelajaran, full day school, siswa kelas rendah

    Abstraction

    This research aims to know the implementation and its problem external and internal learning low grade students in full day school and the efforts made by teachers and schools to solve them. The implementation of the learning system with full day shool cause greater potential for the emergence of difficulties in learning. This research done in low grade SDIT Ala Bashiroh using qualitative approach. Data collection technique that is used, observation interview and documentation. The observation done by observing directly lessons in class low, interview done with the school principal and teachers of low grade and low grade students to get accurate data and maximum. Finally the documentation photos, pictures and data recording the results of the interview. The data has been analyzed using the model of Miles and Huberman and will be checked again the authenticity using triangulation. Learning in Grade low SDIT Ala Bashiroh held at 07.00-14.00 WIB with learning loads of Al-Quran, formal and diniyah. Its problem experienced by students when teaching them from the internal factors such as the emergence of bored and spirit learn a low also from external factors including the provision of facilities and infrastructure that have not yet been maximum. To overcome the problems teachers attempt to create a joyful learning. While the efforts made by the school is attempting to provide sufficient supporting facilities. Key Words: Learning Problem,

Detail Jurnal