Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN KAMAL BANGKALANPenulis : M. FATHOR ROSIDosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
M. Fathor Rosi. 2017. Analisis Peran Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Pembelajaran PKn Di SDN Kamal Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si, Pembimbing II: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Toleransi antar umat beragama meru¬pakan penentu kerukunan dan keharmoni¬san kehidupan masyarakat dimana tercipta hubungan sosial yang dinamis. Penanaman toleransi antar umat bergama melalui Pembelajaran PKn pada diri siswa supaya siswa menjadi individu yang berkarakter serta mampu menanamkan sikap toleransi antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa yang beragama nonmuslim. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa gambaran sikap toleransi beragama pada diri siswa menunjukkan siswa mampu menerapkan sikap toleransi antar umat beragama hal tersebut dapat terlihat ketika siswa mampu menerima perbedaan yang ada di agamanya, selain itu siswa juga mampu untuk menghargai serta mengakui keberadaan pemeluk agama lain. Untuk peranan guru dalam menerapkan sikap toleransi antar umat bergama pada penelitian ini yaitu guru sebagai tauladan, guru sebagai pengajar, dan guru sebagai pembimbing dalam menanamkan sikap toleransi pada diri siswa di SDN Kamal Bangkalan. Kata kunci: Sikap Toleransi, Peran Guru.Pembelajaran PKn
AbstractionM. Fathor Rosi. 2017. An Analyhs The Teacher’s in Instilling Inter- Religious Tolerance in Civic Lerning at SDN Kamal Bangkalan Student. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculity of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si, Advisor II: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Inter-religious tolerance determines the harmony and honor the life is comunity whic is dynamic social relationship will be created, civic will help the students have high inter-religious tolerance in their daily life This study is conducted by applaying qualitative descriptive design. The source of data is nonmuslim student in SDN Kamal Bangkalan. the data are collected by using interview, observation, and documentation method. The results of this study shows that the students can apply inter-religioustolerance it is show when the students can accept the differences religion. In addition, students alsoappreciate the adherents of other religious. in this study, teachers have a rate as model, learner, and adviser in applying inter-religious tolerance in SDN Kamal Bangkalan. Keyword: tolerance, the role of teacher, civic.