Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI DENGAN TEMA LINGKUNGAN PADA MATERI MENULIS PUISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V
    Penulis : FAJAR NUR HABIBBAH
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian pengembangan bertujuan menghasilkan media gambar berseri dengan tema lingkungan pada materi menulis puisi kelas V serta mengetahui kelayakan, keefektifan dan ketertarikan siswa pada media gambar berseri dengan tema lingkungan. Penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan ini yaitu 1) Identifikasi masalah, 2) Pengengumpulan 2 informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji coba pemakaian, 9) Revisi produk tahap akhir, 10) (Desimilasi) Produksi masal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Banyuajuh 6 Kamal. Media yang dikembangkan diuji kelayakannya melalui validasi ahli yaitu ahli desain pembelajaran, ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Subjek penelitian uji kelompok kecil berjumlah 9 siswa dan pada uji coba kelompok besar 20 siswa. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan skor total validasi ahli desain, validasi ahli materi dan validasi ahli media pembelajaran memperoleh skor 82,25% (layak). Efektivitas media pembelajaran dilihat dari lembar observasi guru memeperoleh skor 92% (sangat efektif). Dan dilihat dari lembar tes siswa memperoleh skor 82,25% (sangat efektif). Ketertarikan siswa terhadap media dilihat dari respon siswa memperoleh skor 95% (sangat tertarik). Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan media gambar berseri dengan tema lingkungan dinyatakan layak, efektif dan siswa tertarik sehingga media layak digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar kelas V. Kata kunci: Pengembangan, Media Gambar Berseri Dengan tema Lingkungan, Menulis Puisi

    Abstraction

    ABSTRACT The development research aimed to produce picture series media based environment in fith grade free poem writing material, to know the feasibility, effectiveness and student’ interest on picture series media based media based environment. This development research uses Borg and Gall development model. The stages of this research included: 1) Problem Indentification, 2) Data Colection, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Improvement, 6) Testing of Product, 7) Product Revision, 8) Testing of Usage, 9) Ultimate Product Revision, 10) Massive Production (Dissimilation). This research was conducted in fifth grade at SDN Banyuajuh 6 Kamal. The feasibility of developed media was tasted trough expert validation of learning design, learning material and learning media. The subject of small group test were 9 students while for big griup test were 20 students. The result of development research showed the total design validation expert scor was 82,25% (feasible), the effectiveness of learning media were seen from teacher observation sheet got 82,25% (Very Effective). Students’ interestoard media was seen from students’ response questionnaire got scor 95.00% (Very Interested). Based on the result indicated that picture series media based environmrnt was diclared to be feasible, effective and interested student. So, picture series media based environment could be properly used as learning media in the elementary school. Keywords: Development. Picture SeriesMedia Based Environment, FreePoem Writing Material.

Detail Jurnal