Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Kemampuan Keterampilan Membaca Menggunakan Media Kartu Kata pada Anak yang Tidak Sekolah TK (Studi Kasus Kelas I SDN Keleyan 1 Tahun Ajaran 2016-2017)
    Penulis : Dian Sumardianti
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Priyono Tri Febrianto, S.Sos,. M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan keterampilan membaca menggunakan media kartu kata pada siswa kelas I SDN Keleyan 1 yang tidak sekolah TK. Penelitian ini mengggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I yang tidak sekolah TK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan direduksi dan ditriangulasikan kemudian dianalisis oleh peneliti. Dari hasil analisis diketahui bahwa dalam kemampuan keterampilan membaca terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi membaca yaitu faktor fisiologis, intelektual, lingkungan dan psikologis. Guru untuk meningkatkan kemampuan keterampilan membaca menggunakan media kartu kata. Guru menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca dengan menggunakan media kartu kata pada anak yang tidak sekolah TK. Anak mengalami peningkatan dalam membaca yang sebelumnya tidak bisa sekarang sudah bisa membedakan huruf abjad A-Z dan membaca suku kata. Kata kunci: kemampuan keterampilan membaca, media kartu kata, anak yang tidak sekolah TK

    Abstraction

    This study aims to describe the ability of reading skills using card word media at grade 1 SDN Kelayan 1 students who are not kindergarten school. This research uses descriptive qualitative research. Informants in this study are students of class 1 who are not a kindergarten school. Data collection techniques used in the research are interview, observation, and documentation. The collected data be reduced and triangulated then analyzed by the researcher. From the analysis, it is known that in reading skill ability there are some factors that influence the reading that is physiological, intellectual, environmental and psychological factors. Teachers to improve their reading skill using word card media. Teachers apply Indonesian language learning especially on reading material using word card media to children who are not in kindergarten. The child experiences and an increase in reading that previously could not distinguish the letter of the A-Z alphabet and reading syllables. Keywords: reading skill ability, card word media, children who not school in kindergarten

Detail Jurnal