Detail Karya Ilmiah

  • Pengruh pembelajaran PKn dengan menggunakan strategi Planted Questions terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Bayeman I Gondangwetan Kabupaten Pasuruan.
    Penulis : Siti Hindun
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi experimental design, penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Bayeman I Gondangetan yang berjumlah 40 siswa. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Planted Questions, aktivitas belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran PKn menggunakan strategi Planted Questions. Hasil perhitungan penelitian mengguanaan uji signifikan (uji t) diperoleh t_hitung=8,6> t_tabel=2,10 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Sehingga, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran PKn menggunakan strategi Planted Questions terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Bayeman I Gondangwetan. Hasil observasi aktivitas siswa ditinjau dari penggunaan strategi Planted Questions diperoleh prosentase sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Hasil perhitungan lembar angket respon siswa diperoleh prosentase rata-rata sebesar 97,1% dengan kategori sangat baik. Peneliti menyimpukan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap penggunaan strategi Planted Questions pada saat pembelajaran. Kata kunci: Strategi Planted Questions, Hasil Belajar, PKn, Kekhasan Bangsa Indonesia.

    Abstraction

    This study is a quantitative study with quasi experimental design, this study was conducted in third grade of SDN Bayeman Gondangwetan with 40 students. The sample used saturated samples. This study has an objective to know the effect of Planted Questions strategy, student learning activities and student responses on Civic learning using the Planted Questions strategy. The calculation result of the study using significant test (t test) is obtained t_count=8.6> t_table=2.10 then, H_0 is rejected and H_a is accepted. So, it shows that there is a significant effect of Civic learning using the Planted Questions strategy on learning outcomes of third grade students of SDN Bayeman I Gondangwetan. The observation results of students’ activities in term of the use of the Planted Questions strategy obtained a percentage of 85% with very good category. The calculation results of student responses questionnaire obtained an average percentage of 97.1% with a very good category. The writer concludes that the students responded very well to the use of the Planted Questions strategy at the time of learning. Keywords: Planted Questions Strategy, Learning Outcomes, Civic, The Peculiarity of the Indonesian Nation.

Detail Jurnal