Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN KELAS III SDN PANGARANGAN III SUMENEPPenulis : WIDI ASTUTIKDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam.S.Pd.,M.Si.Dosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Exsperimental Design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Pangarangan III Sumenep. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Pangarangan III Sumenep yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional congklak terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji dua sampel independen diperoleh nilai thitung = 2,08 untuk tes pemahaman dan thitung = 2,90 untuk minat belajar dengan ttabel = 2,0106. Harga thitung > harga ttabel sehingga HO ditolak dan Ha diterima. Keterlaksanaan pembelajaran meliputi aktivitas guru dan siswa. Presentase rata-rata aktivitas guru secara keseluruhan diperoleh sebesar 94,44%. Sedangkan presentase rata-rata aktivitas siswa secara keseluruhan diperoleh sebesar 86,64%.Sehingga dapat disimpulkan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional congklak sangat baik. Kata kunci: Permainan Tradisional Congklak, Pemahaman Konsep, Minat Belajar.
AbstractionThis study is a quantitative research with Quasi Exsperimental Design research design which aims to know the influence of congklak traditional game in student’s conceptual comprehension and interest of learning. The study was conducted in III class of Pangarangan III Sumenep State Elementary School. The sample used in this study was all students of III class of Pangarangan III Sumenep State Elementary School consisting of 50 students. The techniques of data collection in this study used test, questionnaire, and observation. The result of the study showed that there was a significant influence of congklak traditional game in student’s conceptual comprehension and interest of learning based on the result of two independent sample tests which obtained tcount = 2.08 for comprehension test and tcount = 2,90 for learning interest with ttable = 2.0106. The result also showed that price thitung > price ttable, therefore, HO was rejected and Ha was accepted. The implementation of learning includes teacher’s and student’s activities. The average percentage of overall teachers’ activities resulted 94.44%. While the average percentage of overall students’ activities was 86,64%. So that it can be concluded that the implementation of learning by using congklak traditional game is very good. Keywords: Congklak Traditional Game, Conceptual Comprehension, Learning Interest.