Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN BANCARAN 2 BANGKALAN
    Penulis : ROHIMATUL ADAWIYAH
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO. S.Sos.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI. S.Pd., M.Pd.,
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Berpikir Kritis siswa kelas V berdasarkan teori Van Hiele pada mata pelajaran matematika SDN Bancaran 2 Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sementara uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan Berpikir Kritis siswa kelas V SDN Bancaran 2 Bangkalan berada pada tahapan menyimpulkan dan pada tahapan teori Van Hiele berada pada tahapan tahapan deduksi informal, sedangkan kendala yang dihadapi siswa SDN Bancaran 2 Bangkalan dalam berpikir kritis yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun datar, solusi yang diterapkan untuk kendala berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Bancaran 2 Bangkalan, pertama menyeimbangkan antara materi dan proses, kedua seimbangkan antara ceramah dan diskusi, ketiga ciptakan diskusi kelas. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Teori Van Hiele, Matematika

    Abstraction

    This research to think know ability of critical class student of V pursuant to Van theory of Hiele at mathematics subject of SDN Bancaran 2 Bangkalan. this Research type is descriptive qualitative with data collecting technique that is: observation, tes, documentation and interview. Technique analyse data in this research use data discount, presentation of data verification and data, whereas test authenticity of data use technique triangulation. result of research indicate that level think critically class student of V SDN Bancaran 2 Bangkalan reside in step conclude while step of teori Van of Hiele reside in a step of deduksi informal, While constraint faced class student of V Bancaran SDN 2 Bangkalan in thinking is critical lack of the understanding of student about nature of had by awaking up to level, solution applied for constraint to think critical student of class V SDN Bancaran 2 Bangkalan, first critical balance process and items, second balancing discussion and discourse, third create class discussion. Keywords: Critical Think, Van Theory of Hiele, Mathematics

Detail Jurnal