Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC) BERBANTUAN MAJALAH BOBO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS II SD NEGERI TANJUNG JATI I BANGKALAN
    Penulis : Enik Sujiati
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd, M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd, M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) berbantuan majalah Bobo terhadap kemampuan membaca dan menulis kelas II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design dengan pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan yang berjumlah 42 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket dan tes. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji signifikansi (uji t) pada kemampuan membaca diperoleh thitung = 9,943 > ttabel = 2,086, artinya H0 ditolak, hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) berbantuan majalah Bobo terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan dengan besar pengaruh 83,1%. Sedangkan hasil Hasil perhitungan hipotesis dengan uji signifikansi (uji t) pada kemampuan menulis diperoleh thitung = 16,974 > ttabel = 2,086, artinya H0 ditolak, hal itu menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) berbantuan majalah Bobo terhadap kemampuan menulis siswa kelas II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan dengan besar pengaruh 93,5%. Kata Kunci : model VAK (Visual, Auditory, Kinestethic), majalah Bobo, kemampuan membaca, kemampuan menulis.

    Abstraction

    This study aims to know the influence of VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) model with help of Bobo magazine toward reading and writing ability class II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan. This study is a quantitative research with using Quasi Experimental Design and pretest-posttest control group design. This research carries out at class II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan with amount 42 students. Removal sample do in a random. Gathering technic data do with using observation, inquiry and test. The result of counting hypothesis with significance test (t test) at reading ability earning thitung = 9,943 > ttabel = 2,086, mean H0 rejected, this concerning show that there is significant influence between VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) model with help of Bobo magazine to reading ability students class II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan with large of influence is 83,1%. Whereas the result of counting hypothesis with significance test (t test) at writing ability earning thitung = 16,974 > ttabel = 2,086, mean H0 rejected, this concerning show that there is significance influence between VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) model with help of Bobo magazine to writing ability students class II SD Negeri Tanjung Jati I Bangkalan with large of influence is 93,5%. Key Words: VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) model, Bobo magazine, reading ability, writing ability.

Detail Jurnal