Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI METAMORFOSIS HEWAN DI SDN KLAPAYAN 2 BANGKALANPenulis : LULUK WALMARJANNAHDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd, M. Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis kecerdasan visual-spasial terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi metamorFosis hewan SDN Klapayan 2 Bangkalan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental. Penelitian ini dilakukan dikelas 4-A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4-B sebagai kelas kontrol dengan masing-masing sampel berjumlah 16 siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis pretest kelompok eksprimen dan kelompok kontrol, diperoleh thitung sebesar 0.94 dan diperoleh ttabel sebesar 2.145. Berdasarkan tabel distribusi t dapat disimpulkan jika 0.94<2.145 maka Ho diterima.Sedangkan untuk nilai posttest antara kelompok eksprimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung sebesar 5.16 dan diperoleh ttabel2.145. Berdasarkan tabel distribusi t dari data tersebut dapat disimpulkan jika thitung> ttabel = 5.16>2.145 maka Ho di tolak dan Ha di terima, artinya terdapat perbedaan antara nilai posttest kelompok eksprimen dan kontrol. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaranberbasis kecerdasan visual-spasial terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada materi metamorfosis hewan. Kemudian hasil aktivitas siswa pada pertemuan pertama menunjukan persentase sebesar 76,56% dengan kriteria “Baik” dan aktivitas siswa pada pertemuan ke dua menunjukkan persentase 88.28% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan visual-spasial sangat baik, karena selama proses pembelajaran siswa sangat aktif ketika peneliti melakukan percobaan. Kata kunci:Kecerdasan visual-spasial,hasil belajar, aktivitas siswa
AbstractionAbstract This study aims to determine the effect of learning strategies based on spatial visual intelligence on activities and learning outcomes of fourth graders in the material metamorphosis animal primary school klapayan 2. This study is included into quantitif research through quasi experimental design. This research was conducted in 4-A class as experiment class and class 4-B as control class with each sample amounted to 16 students. Pursuant to result of pretest hypothesis test of experiment group and control group obtained thitung equal to 0.94 and obtained ttabel 2.145. based on table t distribution can be concluded if 0.94<2.145 then Ho accepted. As for the posttest value between the experimental group and the control group obtained thitung equal to 5.16 and obtained ttabel 2.145. based on the t distribution table of the data can be concluded if thitung>ttabel = 5.16>2.145 then Ho rejected and Ha accepted, it means there is a difference between posttest of experimental group and control group. It proves that there is influence of learning strategy based on spatial visual intelligence on activity and result of student learning of grade 4 on animal metamorphosis material. Then the result of student activity at first meeting showed percentage equal to 76.56% with “good” criterion and student activity at second meeting showed percentage 88.28% with criterion “very good”. This shows that student activity in learning by using spatial visual intelligence based learning strategy is very good, because during student learning process is very active when researcher do experiment. Keywords: spatial visualintelagence, the result of the study, student activity