Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Kemampuan Membaca Siswa Melalui Teknik Permainan Bahasa Melengkapi Cerita Siswa Kelas 1 SDN Burneh 1 Kecamatan Burneh Kabupaten BangkalanPenulis : Peppy InkanitaDosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Rika Wulandari S.Pd., M.PdAbstraksi
Kelancaran dan ketepatan membaca pada tahap belajar dipengaruhi oleh keaktifan dan kreativitas guru yang mengajar di kelas rendah. Peranan tersebut menyangkut peran guru sebagai fasilitator, motivator, sumber belajar, dan organisator dalam proses pembelajaran. Guru yang berkompetensi tinggi akan sanggup menyelenggarakan tugas untuk mencerdaskan bangsa, mengembangkan pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan membentuk ilmuwan dan tenaga ahli. Kenyataan di lapangan, khususnya di kelas I SDN Burneh 1 mayoritas siswa sudah bisa membaca namun tidak semuanya lancar dan masih banyak yang belum mengenal fungsi dan jenis tanda baca. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa dalam kemampuan membaca mencapai 78%, Faktor penyebab dari kemampuan membaca siswa yang masih kurang, di antaranya kefasihan dalam membaca kurang lancar, pelafalan, dan intonasi dalam membaca belum tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa melalui teknik permainan bahasa melengkapi cerita siswa kelas 1 SDN Burneh 1 Bangkalan. Berdasarkan deskripsi data penelitian yang diperoleh dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa Kelas 1 SDN Burneh 1 Bangkalan memiliki kemampuan membaca yang baik. . Kata Kunci : Teknik Permainan Bahasa, Kemampuan Membaca, Hasil Belajar Siswa
AbstractionThe fluency and accuracy of reading at the learning stage is influenced by the liveliness and creativity of teachers teaching in the classroom. This role concerns the role of teachers as facilitator, motivator, learning resources, and organizers in the learning process. The theacher with hight competence will be able tp perform task to improve the nation’s intelligence, develops the whole Indonesia human person and forming scientist and expert. Reality in the field, expecially in 1st class SDN 1, the majority of students are able to read fluently but not all of them and some of them do not recognize the function and type of punctuation. This is evident from the results of student learning in the ability to read only reached 78%, Factors cause the ability of reading students are still lacking, including fluency in reading less fluency, pronunciation, and intonation in reading is not right. This research purposes to know the students reading cebility through language game technique completes the story. The 1st grade students of SDN Burneh 1 Bangkalan. Based on the description of research date obtained and disscusion of research result. It can be concluded that the 1st grad students of SDN Burneh 1. Have good reading ability. Keywords: Language Game Technique, Reading Ability, Learning Results Students