Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SDN TELAGABIRU I
    Penulis : UMRIYAH
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sebelum menguasai keterampilan lainnya. Namun pada kenyataannya, kemampuan menyimak siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan menyimak siswa tersebut salah satunya disebabkan oleh kurang efektifnya metode atau media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan menyimak siswa antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan menggunakan metode bercerita berbantuan media boneka tangan. Penelitian ini dilakukan di SDN Telagabiru I dengan fokus pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerita anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen menggunakan metode penelitian Quasi Experimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen menggunakan pembelajaran dengan metode bercerita memakai media boneka tangan, sedangkan kelompok kontrol tanpa media boneka tangan. Instrumen utama yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan angket respon siswa dengan 13 pernyataan tertutup. Pada pengujian hipotesis diketahui bahwa tidak ada perbedaan kemampuan awal pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Selanjutnya dilakukan penghitungan pada data posttest dan diperoleh nilai t 2.021. Artinya t hitung

    Abstraction

    ABSTRACT Heeding is one of the language skills that must be mastered by students before mastering other skills. But in fact, the heeding ability of the students is still low. The low heeding ability of the students one of them is caused by the less effective method or learning media used by the teacher. This research aims to know there are difference in learning achievement of students heeding ability between the control group and experimental group by using storrytelling method with hand puppet media. This research was done at SDN Telagabiru I with focus of learning Indonesian on children story material. The type of research used is experimental research using Quasi Experimental research method with the design form of Nonequivalent Control Group Design. The experimental group used learning by storytelling method with hand puppet media, while the control group without the hand puppet media. The main instruments used were 20 multiple choice tests and questionnaire responses of students with 13 closed statements.In hypothesis testing it is known that there is no difference of heeding ability in control group and experiment group. Furthermore, the calculation is done on posttest data and obtained t = 0.95 and t tabel 2.021. It means t hitung

Detail Jurnal