Detail Karya Ilmiah

  • KOMPARASI KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA TK DENGAN NONTK DI KELAS 1 SDN TANJUNG JATI 1
    Penulis : DELLA KARTIKA
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan menulis permulaan siswa TK dengn nonTK di kelas I SDN Tanjung Jati I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen, penelitian dilaksanakan di kelas I SDN Tanjung Jati I dengan jumlah sampel sebanyak 24 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh karena jumlah populasi dalam penelitian kurang dari 30 maka seluruh populasi yang ada dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan hasil perhitungan uji t dua sampel independen diperoleh nilai t = 1,737 dan t tabel = 2,074. Sehingga nilai t hitung < t tabel , ini berarti H diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan o menulis permulaan siswa yang TK dengan nonTK di kelas 1 SDN Tanjung Jati 1, nilai rata-rata menulis permulaan siswa yang mendapatkan pendidikan di TK sebesar 82,013 dan nilai rata-rata siswa nonTK adalah 71,888. Kata kunci: Siswa TK, Siswa nonTK, Kemampuan Menulis Permulaan hitung

    Abstraction

    This research aims to know whether or not a significant difference of the beginning write ability comparison kindergarten and non-kindergarten in 1 class Elementary School Tanjung Jati 1. This research is quantitative non experiments research, this research implemented in Elementary School Tanjung Jati I, I st class with the number of samples 24 students. Samples were taken using the saturated sampling technique because it populations in research is less than 30 and the whole population there are made as samples. Based on the results of the calculations of t-test two independent samples retrieved the value of t hitung = 1.737 and t tabel = 2.074. So, the value of t < ttabel, Ho accepted. Can be drawn the conclusion that there is no significant difference in the beginning write ability comparison kindergarten and nonkindergarten in 1 st class Elementary School Tanjung Jati 1, the average value of writing the beginning students kindergarten was 82,013 and non- kindergarten students was 71,888. Keywords: kindergarten students, non-kindergarten students, beginning write ability hitung st

Detail Jurnal