Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KESALAHAN PROSES BERHITUNG SUSUN PANJANG DALAM OPERASI CAMPURAN BILANGAN CACAH DENGAN METODE NEWMAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
    Penulis : NURUL HIDAYATI
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Nurul Hidayati. 2017. Analisis Kesalahan Proses Berhitung Susun Panjang dalam Operasi Campuran Bilangan Cacah pada Pembelajaran Matematika. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M. Si., Pembimbing II: Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dihadapi siswa kelas III di SDN Tanamera 1 Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep Proses berhitung susun panjang dalam operasi bilangan cacah pada pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Tanamera 1 Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes diagnostik dan wawancara sebagai uji keabsahan data. Hasil analisis data penelitian menunjukkan kesalahan yang dihadapi siswa sebagai berikut: (a) kesalahan membaca informasi, (b) kesalahan memahami dalam menuliskan diketahui dan ditanya tidak sesuai atau tidak ditulis, (c) kesalahan transformasi menggunakan rumus yang tepat, (d) kesalahan keterampilan proses untuk proses berhitung susun panjang, (e) kesalahan penulisan jawaban menggunakan notasi dalam menuliskan kesimpulan. Penyebab siswa melakukan kesalahan adalah: (a) membaca kurang lancar dan membaca soal tergesa-gesa, (b) kurang dapat menuangkan apa yang di cari dari soal, (c) kurang memahami konsep berhitung, (d) kurang terampil berhitung, (e) tidak cermat menuliskan kesimpulan. Kata kunci: Kesalahan, proses berhitung susun panjang, operasi campuran, bilangan cacah, pembelajaran matematika.

    Abstraction

    Nurul Hidayati. 2017. Error Analysis of Long Counting Arrangement Process in Mixed Numbers Operation in Math Lesson. Thesis: Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M. Si., Advisor II: Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to analyze the errors encountered class III students at SDN Tanamera 1 District Saronggi Sumenep Regency Long computation process in chopping operations on learning mathematics. The approach used is descriptive qualitative descriptions. The research was conducted in class II SDN Tanamera 1 Sub Saronggi Sumenep Regency. Sampling using purposive sampling. Data collection techniques were conducted with diagnostic tests and interviews as a test of data obsessiveness. The data analysis results of the study indicate the following errors: (a) the error in reading the information, (b) the misunderstanding in writing is known and questioned is not appropriate or not written, (c) transformation error using the correct formula, (d) Long computation process, (e) errors in writing answers using notation in writing conclusions. The causes of students making mistakes are: (a) reading less fluently and reading hurriedly, (b) less able to pour what is sought from problem, (c) lack of understanding of concepts, (d) lack of arithmetic, (e) no Carefully write the conclusions. Keywords: Error, counting process stack length, mixed operation, counting number, math learning.

Detail Jurnal