Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 4 di SDN Tanjung Jati 01 Kamal.
    Penulis : NUR FARIDAH
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran simulasi di kelas IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal pada mata pelajaran IPA materi pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimen yang berbentuk nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal dengan menggunakan 44 sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yaitu komparatif sampel independen pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 3,492 > ttabel = 2,018, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran simulasi di kelas IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal.

    Abstraction

    This research was conducted to know whether there is difference of learning achievement of control class and experimental class using simulation method in grade IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal on science subject matter influence of physical environment change to land. The research approach used is a quantitative approach using quasi experimental design in the form of nonequivalent control group design. The study was conducted in grade IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal using 44 samples consisting of experimental class and control class. The result of the research shows that based on hypothesis test result that is comparative independent sample on experimental class posttest and control class is obtained tcount = 3,492> ttable = 2.018, then H0 is rejected and Ha accepted so it shows the difference of learning achievement of experiment class student using learning method based on simulation with a control class that does not use simulation method in grade IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal. So it can be concluded that there is influence of science learning by using the method of simulation of student achievement grade IV SDN Tanjung Jati 01 Kamal.

Detail Jurnal