Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PELAJARAN IPA SDN PEJAGAN 02 BANGKALAN
    Penulis : DWI SUKMANING ARINDA MAETRI
    Dosen Pembimbing I : Dr. HARUN AL RASYID, M.Si
    Dosen Pembimbing II :FACHRUR ROZIE S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis kecerdasan spirituals terhadap pemahaman konsep pada materi kerusakan alam dan pelestariaannya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Pejagan 02 Bangkalan yang berjumlah 47 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Berdasarkan hasil penghitungan uji signifikansi, maka diperoleh nilai thitung sebesar 2,53 dan ttabel = t(?/2, n-2) = 2,08. Dengan thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak dan menunjukkan pembelajaran berbasis kecerdasan spiritual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa kelas III di SDN Pejagan 02 Bangkalan dengan pengaruh sebesar yaitu 23% Berdasarkan observasi aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata persentase pada pertemuan pertama sebesar 86,67%, pertemuan kedua sebesar 91,67%. Sehingga dapat disimpulkan siswa sangat aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan spiritual. Kata kunci: Strategi pembelajaran, Kecerdasan majemuk, Pemahaman konsep, kecerdasan spiritual, kecerdasan eksistensial

    Abstraction

    This research aims to know the influence of the spiritual intelligence-based learning toward the concept understanding in Science’s material of environmental destruction and its preservation. The research approach that is used is quantitative approach by using Quasi Experimental Design. This research is conducted in the third grade of SDN Pejagan 2 Bangkalan that consists of 47 students. Obtaining samples is done randomly. The data collection technique is done by using test and observation method. Based on the calculation result of signification test, it is obtained that the number of tcount is 2,53 and ttable = (t(a/2, n-2) = 2,08. Because tcount < ttable, it means that H0 is rejected and it shows that spiritual intelligence-based learning gives significant influence toward the concept understanding of the third grade students in SDN Pejagan 2 Bangkalan that is 23%. Based on the observation on students activity, it is obtained that the percentage of average score in the first meeting is 86,67% and in the second meeting it is 91,67%. Thus, it can be concluded that that the students are very active participating in the learning process by using spiritual intelligence-based learning. Keywords: Learning Strategy, Multiple Intelligence, Concept Understanding, Spiritual Intelligence, Existential Intelligence.

Detail Jurnal