Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Group Berbasis Fenomena Alam Terhadap Keterampilan Proses IPA dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kamal 2 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.
    Penulis : Dinaria Ayu Rahmawati
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini untuk mengetahui adakah perbedaan keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Brainstorming Group di kelas IV SDN Kamal 2 pada mata pelajaran IPA perubahan lingkungan fisik (fenomena alam). Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kamal 2 Bangkalan dengan menggunakan 44 sampel yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan, 1) berdasarkan hasil perhitungan uji komparatif sampel independen pada posttest keterampilan proses IPA kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t hitung = 6,24 > t tabel = 2,09, maka H ditolak sehingga menunjukkan ada perbedaan keterampilan proses IPA siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Brainstorming Group di kelas IV SD Negeri Kamal 2; 2) berdasarkan hasil perhitungan uji komparatif sampel independen pada posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh t hitung = 8,19 > t o tabel = 2,09, maka H ditolak sehingga menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Brainstorming Group di kelas IV SD Negeri Kamal 2. Sehingga, penerapan dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming Group memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses IPA dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kamal 2. Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Proses IPA, Metode Pembelajaran Brainstorming Group.

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the difference of science process skill and learning outcomes of control class and experimental class that is using the Brainstorming Group Learning method in Science on the natural phenomenom in the of fourth grade students of SD Negeri Kamal 2. The research approach that is used is quantitative approach by using Quasi Experimental Design. This research is conducted in the fourth grade of SD Negeri Kamal 2 Bangkalan by using 44 samples consisted of experimental and control group. The result of this research shows that, 1) based on the science process skill of comparative independent sample in post test experimental and control class, it is obtained that t count = 6,24 > t table 2,09, this means H is rejected so there is a different science process skill of the students in the control class and the experimental class that uses Brainstorming Group Learning method in the second grade of SD Negeri Kamal 2, 2) based on the outcome of comparative independent sample in post test experimental and control class, it is obtained that t xxiv 0 count = 8,19 > t 2,09, this means H is rejected so there is a different learning outcomes of the students in the control class and the experimental class that uses Brainstorming Group Learning method in the second grade of SD Negeri Kamal 2. Thus, the application by using Brainstorming Group learning method assisted gives a significant effect to science process skill and learning outcomes of fourth grade students of SD Negeri Kamal 2. Key words: Learning Outcomes, Science Process Skill, Brainstorming Group 0 Learning Method.

Detail Jurnal