Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mnemonik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Pejagan 2 Bangkalan
    Penulis : Khusnul Khotimah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Khotimah, Khusnul. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kalas 2 di SDN Pejagan 2 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Dr. Harun Al Rasyid, M.Si, Pembimbing II: Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M. Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran mnemonik di kelas II SDN Pejagan 2 Bangkalan pada mata pelajaran IPA materi manfaat panas dan cahaya matahari. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan design quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di kelas II SDN Pejagan 2 Bangkalan dengan menggunakan 44 sampel yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan, 1) berdasarkan hasil perhitungan uji komparatif sampel independen pada posttest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung = 2,231 > ttabel 2,018, maka H0 ditolak hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran mnemonik dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran mnemonik di kelas II SDN Pejagan 2 Bangkalan. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruuh model pembelajaran mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas II di SDN Pejagan 2 Bangkalan; 2) motivasi siswa kelas eksperimen pada saat diberikan angket motivasi memiliki kategori motivasi sangat kuat dengan persentase total 90,455%, sehingga model pembelajaran mnemonik berpengaruh sangat kuat terhadap motivasi belajar siswa kelas II SDN Pejagan 2 Bangkalan. Kata kunci: Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Mnemonik, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

    Abstraction

    Khotimah, Khusnul. 2017. The Influence of the Use of Mnemonic Learning Model to Students’ Learning Outcomes of Second Grade in SDN Pejagan 2 Bangkalan. Thesis, Elementary Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I : Dr. Harun Al Rasyid, M.Si, Advisor II : Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Si. Abstract The purpose of this research is to know the difference of learning outcomes of control class and experimental class that is using mnemonic learning model in Science on the importance of the sun’s heat and light in the second grade students of SDN Pejagan 2 Bangkalan. The research approach that is used is quantitative approach by using Quasi Experimental Design. This research is conducted in the second grade of SDN Pejagan 2 Bangkalan by using 44 samples consisted of experimental and control group. The result of this research shows that, 1) based on the outcome of comparative independent sample in post test experimental and control class, it is obtained that tcount = 2,231 > ttable 2,018, thus H0 is rejected, there is a different learning outcome of the students in the experimental class that uses mnemonic learning model and the control class that does not use mnemonic learning model in the second grade of SDN Pejagan 2 Bangkalan, so there is an Influence of the Use of Mnemonic Learning Model to Students’ Learning Outcomes of Second Grade in SDN Pejagan 2 Bangkalan 2) the students’ motivation of the experimental class when given motivation questioner is categorized to be a very strong motivation with total percentage of 90,455%, thus mnemonic learning model has very strong influence toward students’ motivation of the second grade of SDN Pejagan 2 Bangkalan. Keywords: Learning Model, Mnemonic Learning Model, Learning Outcomes, Learning Motivation.

Detail Jurnal