Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN BARURAMBAT KOTA 5 PAMEKASANPenulis : MOH. HELMI DARMAWANDosen Pembimbing I : MOHAMMAD EDY NURTAMAM S.Pd, M.SiDosen Pembimbing II :UMI HANIK S.Pd, M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SDN Baurambat Kota 5 Pamekasan, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini adalah penelitian non ekspremen. Pengumpulan data menggunakan angket, sampel yang digunakan sebanyak 51 siswa. Berdasarkan uji t angket kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa diperoleh nilai t hitung = 26,290 > t = 2,01 Sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dan kontribusi yang disumbangkan sebesar 93,4%. tabel Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar
AbstractionThis study aims to determine the effect of emotional intelligence on student learning outcomes. The research was conducted at SDN Baurambat Kota 5 Pamekasan, Pamekasan Sub-district, Pamekasan District. This research is non-ekspremen research. Data have been collected by questionnaire method which used 51 students as samples. Based on t test obtained questionnaire emotional intellingence with learning outcomes t count = 26.290 > t table = 2.01. Therefore, this research concluded that Ho was rejected. It means that a significant influence between the effect of emotional intelligence on student learning outcomes and contributed contributions of 93,4%. Keywords: Emotional intelligence, learning outcomes