Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN Karang Dalem 1 Sampang.
    Penulis : Akhmad Faisol
    Dosen Pembimbing I : Dr. Harun Al-Rasyid, M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Strategi Pembelajaran CTL sebagai penelitian untuk mengetahui hasil belajar IPA pada siswa kelas II dengan jumlah siswa 54 di SDN Karang Dalem 1 Sampang pada materi pelajaran sumber energi. penelitian ini dilakukan pada bulan Maret – Juni 2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan pengaruh strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental desaign dengan bentuk Nonequivalent control group desain. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan untuk mengetahui motivasi siswa menggunakan angket. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 79,25, sedangkan kelas kontrol 52,96. Hasil dari observasi keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 80 sedangkan pertemuan kedua memperoleh nilai rata-rata 95,4 dari kedua pertemuan tersebut dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil peng hitungan uji t komperatif, pada nilai prettest diperoleh nilai thitung?ttabel atau jika 1,64?2,060 maka Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan nilai prettest antara kelompok eksprimen dan kelompok kontrol, sedangkan uji t komparatif pada nilai posttest diperoleh nilai thitung>ttabe = 18,39>2,060 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan nilai posttest antara kelompok eksprimen dan kelompok kontrol yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang antara strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Karang Dalem 1 Sampang. Kata kunci: Strategi CTL (Contextual Teaching and Learning), Hasil Belajar IPA.

    Abstraction

    CTL Learning Strategy as a research to know the results of science learning in grade 2 students with 54 students in SDN Karang Dalem 1 Sampang on the subject matter of energy resources. This research was conducted in March - June 2017. This research is a quantitative research type experimental research with the influence of CTL learning strategies science learning outcomes. This research uses Quantimental Experimental design with the form of Nonequivalent control group design. The instrument used is the test of learning outcomes and to know the motivation of students using questionnaires. The average posttest grade of the experimental class is 79.25, while the control class is 52.96. The results of the observation of the implementation of learning at the first meeting obtained an average value of 80 while the second meeting obtained an average value of 95.4 from both meetings are categorized very well. Based on calculation result of comparative t test, at prettest value obtained by tcount value or if 1,64?2,060 hence Ho accepted, meaning there is no difference of prettest value between expriment group and control group, while comparative t test on posttest value obtained tcount value > Ttabe = 18,39> 2,060 then Ho is rejected and Ha accepted, the meaning there is difference of posttest value between experiment group and control group proving that there is significant influence between learning strategy of CTL (Contextual Teaching and Learning) to result of science student learning Class II SDN Karang Dalem 1 Sampang. Keywords: CTL (Contextual Teaching and Learning) Strategy, Learning Outcomes of Science.

Detail Jurnal