Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS SD Negeri Kecamatan Arosbaya.
    Penulis : Novita Aminianti
    Dosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda S, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja guru (variabel X) terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel pada 85 siswa di 3 sekolah dasar pada kec. Arosbaya. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kinerja guru dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Untuk mencari pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran IPS melalui perhitungan uji regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana konstribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar Y = 34,6 + 0,3X. Hasil analisis menggunakan uji signifikan t_hitung (2,852) > t_tabel (1,294) maka H_0 ditolak, dengan demikian artinya terdapat pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dengan uji determinan menunjukkan koefesien korelasi sebesar 2,99 maka, konstribusi yang disumbangkan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 8,94%. Kata Kunci: Kinerja guru, Motivasi belajar, IPS

    Abstraction

    The purpose of this research is to find out the effects of teacher performance (variable X) towards students’s learning motivation (variable Y) on social science learning . This research was quantitative descriptive. The sample of this research were student at 3 elementary schools at Arosbaya, its consists of 85 students. The collective of data used by questionnaire about teacher performance and student learning motivation on social science learning. To find out the effects of teacher performance towards student’s learning motivation on social science learning, data analysis used by simple linier regression and significant t-test. Based on simple linier regression give contribution variable X to Y around Y = 34,6 + 0,3X. The result of significant t-test is t_count (2,852) > t_table (1,294) so H_0 rejected, it means there is influence teacher performance towards student’s learning motivation on social science learning. Determinant test show kofisien correlation around 2,99 so, the contribution that given teacher performance to student learning motivation around 8,94%. Keywords: Teacher performance, Student learning motivation, IPS

Detail Jurnal