Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ENERGI ALTERNATIF DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV di Kecamatan Baureno)Penulis : Muhamad Arif JunaidiDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.PdAbstraksi
Muhamad Arif Junaidi. 2017. Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Energi Alternatif dan Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV Di Kecamatan Baureno) Bojonegoro. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap pemahaman konsep energi alternatif dan minat belajar siswa. Penelitian dilakukan di sekolah dasar di kecamatan Baureno Bojonegoro. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif, pengumpulan data menggunakan angket dan tes tulis, sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa yang diambil dari satu KKG. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan pengaruh variabel X terhadap Y1 diperoleh nilai thitung = 3,174 > ttabel 2,000 sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap pemahaman konsep energi alternatif dan kontribusi yang disumbangkan sebesar 14,36%. Sedangkan Hasil analisis regresi linier sederhana antara pengaruh variabel X terhadap Y2 diperoleh nilai thitung = 2,643 > ttabel 2,000 sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa dan kontribusi yang disumbangkan sebesar 10,43%. Kata Kunci: Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep Energi Alternatif, Minat Belajar.
AbstractionMuhamad Arif Junaidi. 2017. The Effects of Teacher’s Creativity in Using Learning Media Toward Concept Understanding Alternative Energy and Student’s Learning Interest on IPA IV Grade Subject in Elementary School (Descriptive Study on Students of Fourth Grade in Baureno District) Bojonegoro. Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd, Advisor II: Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd ABSTRACT This study aims to find out the effects of teacher’s creativity in learning media toward concept understanding alternative energy and student’s interest in learning. This study was done in elementary school in Baureno, Bojonegoro. This study is descriptive research with quantitative analysis, the data collection was done by questionnaire and written test, the number of sample which is used 62 students come from one KKG. The data were analyzed using simple linear regression analysis. The result of simple linear regression analysis represents the effects of variable X toward Y is obtained value tcount = 3,174 > ttable 2,000 so it can be taken a decision that Ho is refused and Ha is accepted. Therefore, there are significant effects between the teacher’s creativity effects in using learning media toward concept understanding alternative energy and contribution which is given percentage 14,36%. Whereas, the result of simple linear regression analysis between the effect of X toward Y2 is obtained value tcount = 2,643 > ttable 2,000 then it can be taken a decision that Ho is refused and Ha is accepted. . Therefore, there are significant effects between the teacher’s creativity effects in using learning media toward student’s learning interest and contribution which is given percentage 10,43%. Keywords: Teacher’s creativity in using learning media, Concept understanding alternative energy, Learning interest