Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERBANTUAN GUIDED NOTE TAKING BERDASARKAN MODEL POLYA PADA KELAS III SDN SOCAH 3 KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : Salimatur Rohmah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam,S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Si.
    Abstraksi

    Salimatur Rohmah. 2017. Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbantuan Guided Note Taking Berdasarkan Model Polya Pada Kelas III SDN Socah 3 Kabupaten Bangkalan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (1) Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si., (2) Indah Setyo Wardhani, S. Pd., M. Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbantuan Guided Note Taking (GNT) berdasarkan model Polya dikelas III SDN Socah 3 Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Socah 3. Data dikumpulkan menggunakan tes dan triangulasi data dengan wawancara. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjjukan bahwa 1) Pada langkah memahami masalah 66,67% siswa berkemampuan tinggi, 5,55% berkemampuan sedang, dan 27,78% berkemampuan rendah. 2) Persentase kemampuan siswa dalam merencanakan pemecahan masalah yang tergolong berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah secara berurutan yaitu 88,89%; 5,55%; dan 5,55%. 3) Persentase siswa berkemampuan tinggi dalam melaksanakan pemecahan masalah yaitu 83,34%; berkemampuan sedang; 5,55%, dan berkemampuan rendah 11,11%. Persentesae katagori siswa berkemapuan tinggi pada langkah kedua dan ketiga lebih besar dibandingkan langkah pertama karena siswa yang belum menyelesaikan langkah satu dengan benar bisa menyelesaikan langkah dua dan atau tiga dengan benar melalui soal yang berbantuan GNT. 4) Kemampuan siswa dalam melihat kembali pemecahan masalah pada katagori berkemampuan tinggi persentasenya 66,67%, siswa dengan kemampuan sedang 11,11%, dan 22,22% siswa berkemapuan rendah. Kata Kunci: Soal cerita, Model Polya, Guided Note Taking (GNT)

    Abstraction

    Salimatur Rohmah. 2017. Analysis of Student Ability in Solving Math Story Problem Assisted by Guided Note Taking based on Polya Model in Third Grade of SDN Socah 3 of Bangkalan Regency. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: (1) Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si., (2) Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study has an objective to know the student ability in solving math story problem assisted by Guided Note Taking (GNT) based on Polya model in Third Grade of SDN Socah 3 of Bangkalan Regency. This study is qualitative descriptive analysis. The subject of this study is third grade students of SDN Socah 3. The data collected by using test and data triangulation with interview. Qualitative data analysis through three paths namely data reduction, data display, and drawing conclusion. The results of the study show that 1) In the step of understanding problem, 66.67% of students has high ability, 5.55% has moderate ability, and 27.78% has low ability. 2) Percentages of student ability in planning problem solving belonging to high, moderate, and low ability in sequence are 88.89%; 5.55%; and 55.55%. 3) Percentage of high-ability students in carrying out problem solving is 83.34%, moderate ability is 5.55%, and low-ability is 11.11%. The percentage of high-ability students in the second and third steps is greater than the first step because students who have not completed step one correctly can complete step two and or three correctly through GNT-assisted problems. 4) Student ability in reviewing the problem solving in high-ability category has percentage of 66.67%, students with moderate ability is 11.11%, and 22.22% of low-ability students. Keywords: Story Problem, Polya Model, Guided Note Taking (GNT)

Detail Jurnal