Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN SDN BARURAMBAT KOTA 3 PAMEKASAN
    Penulis : USWATUN HASANAH
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, SIP,M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Barurambat Kota 3 Pamekasan yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan perhitungan rata-rata nilai post-test diperoleh kelas eksperimen = 83,056 dan kelas kontrol = 71,945. Dan hasil analisis uji hipotesis memperoleh nilai t hitung = 2,506 dan t = 2,120 artinya terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol Sedangkan perhitungan rata-rata nilai aktivitas siswa pertemuan satu dan pertemuan dua diperoleh kelas eksperimen = 61,864 dan kelas kontrol = 39,025. Dan hasil analisis uji hipotesis memperoleh nilai t tabel hitung = 5,863 dan t = 2,12 artinya terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V pada mata pelajaran matematika SDN Barurambat Kota 3 Pamekasan. tabel Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of cooperative type of talking stick model on learning outcomes and student activities. This research is a quantitative research using Quasi Experimental design, this research was conducted in class V SDN Barurambat Kota 3 Pamekasan which amounted to 36 students. Based on calculation of mean post-test value obtained experimental class = 83,056 and control class = 71,945. And result of hypothesis test analysis get tcount = 2,506 and ttable = 2,120 mean there are difference of experiment class result and control class While mean calculation of student activity value of meeting one and meeting two obtained experimental class = 61,864 and control class = 39,025. And result of hypothesis test analysis get tcount = 5,863 and ttable = 2,12 mean there is difference of result of experiment class and control class, so concluded that there is influence of cooperative type model stick to result of learning and activity of student of class V in mathematics subject of SDN Barurambat Kota 3 Pamekasan. Keywords: Cooperative Type Talking Stick Model, Learning Outcomes, Student Activity

Detail Jurnal