Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan LKS pada Materi Bangun Ruang terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Pejagan 1 Bangkalan.
    Penulis : NURUL KOMARIYAH AFRILYANTI
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Pejagan 1 Bangkalan. Sampel yang digunakan sebanyak 46 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Solvin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan kuesioner atau angket. Aktivitas guru tergolong sangat baik. Minat siswa berkategori sangat baik, dibuktikan dengan rata-rata siswa berminat terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan adalah 87,48%. Rata-rata nilai pretest 54,35 mengalami peningkatan menjadi 85,43 (rata-rata nilai posttest). Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji signifikansi dengan hasil thitung = 4,25 > ttabel = 2,08 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran, ARIAS, LKS, Minat, Hasil Belajar.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of ARIAS assisted learning model build space LKS on material towards student learning outcomes. The approach used is quantitative approach using experimental methods. The design was Quasi Experimental Design with design form Nonequivalent Control Group Design. The research was conducted in the fourth grade SDN Pejagan 1 Bangkalan. The sample used as many as 46 students. Sampling was done by using Solvin. Date collected by tests, observations, and questionnaire. Activities classified as very good teacher. Interests of students categorized very well, evidenced by the average student interest in learning has been implemented is 87,48%. The average value of pretest 54,35 has increased to 85,43 (average value posttest). Research hypothesis testing using a significance test with the results of tcount = 4,25 > ttable = 2,08 means that a significant difference between the learning model ARIAS to the learning outcomes of students. Keywords: Learning Model, ARIAS, LKS, Interest, Learning Outcomes.

Detail Jurnal