Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Jam Sudut Elektrik untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Pangeranan 3 Bangkalan
    Penulis : Winda Berlyana Permatasari
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran jam sudut elektrik, (2) mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran jam sudut elektrik, (3) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran jam sudut elektrik untuk kelas IV SD Negeri Pangeranan 3 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kevalidan media pembelajaran jam sudut elektrik menurut ahli media pembelajaran sebesar 91,25% (sangat valid), ahli desain pembelajaran sebesar 76% (valid), dan ahli materi sebesar 83% (valid). Kemenarikan media pembelajaran jam sudut elektrik diukur dari persentase hasil angket respon siswa pada uji coba pemakaian sebesar 88,4% (sangat menarik). Keefektifan media pembelajaran diukur dari persentase hasil pada uji coba pemakaian meliputi persentase hasil observasi aktivitas guru sebesar 93,9% (sangat aktif), persentase hasil observasi aktivitas siswa sebesar 82,9% (aktif), dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,2% (tuntas). Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran jam sudut elektrik falid, sangat menarik, dan sangat efektif digunakan pada mata pelajaran matematika kelas IV materi sudut pada jam. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Jam Sudut Elektrik, Matematika

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of this research are first to find out the validity phase of media learning electric angle watch, second to find out the interesting phase of learning media electric angle watch, third to find out the effectivness phase of learning media electric angle watch for elementary student grade IV in Pangeranan 3 Elementary School Bangkalan. This research used Borg and Gall development model is modified by Sugiyono. Based on result of this research, we can get results that the validity percentage of learning media electric angle watch is 91,25% (very valid), learning design expert was 76% (valid), and material expert was 83% (valid). The interesting phase of learning media electric angle watch measured from the questionare student respons in application experiment is about 88,4% (very interesting). The effectiveness phase of learning media measured from application experiment include result of teacher activity observation about 93,9% (very active), student activity observation about 82,9% (active), and clasical study completeness about 86,2% (complete). The result show that the learning media electric angle watch are valid, very interesting, very effective to used in math for grade IV with topic angle in watch. Keywords: Development, Learning Media, Electric Angle Watch, Mathematics

Detail Jurnal