Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT KELAS IV SDN PATENGTENG 1
    Penulis : NUR FIRDAUSIYYAH
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si.,
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting untuk membantu guru atau siswa dalam keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran yang valid, menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono terdiri dari 10 tahapan yaitu identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk , produksi masal.Media pembelajaranpada penelitian ini telah divalidasi oleh beberapa ahli yaitu ahli desain media, ahli bahasa, ahli materi, dan ahli desain pebelajaran. Terdapat 2 uji coba penelitian yaitu uji coba produk dan uji coba pemakaian. Berdasarkan persentase gabungan kevalidan media pembelajaran adalah 82,85% (valid). Kemenarikanmedia pembelajaran diukur melalui angket respon siswa pada uji coba pemakaian adalah 92,41% (sangat menarik). Efektifitas media diukur menggunakan tes, angket aktivitas guru dan angket aktivitas siswa. Berdasarkan hasil tes pada uji coba pemakaian memperolehhasil tessebesar 79,99% (tuntas). Hasil angket aktivitas guru pada uji coba pemakaian memperoleh hasilsebesar 92,5% (sangat efektif) dan hasil angket aktivitas siswa pada uji coba pemakaian memperoleh hasilsebesar 87,59% (sangat efektif). Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran index card match pada mata pelajaran matematika materi satuan berat kelas IV SDN Patengteng 1Bangkalan layak digunakan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Index Card Match, Model Pengembangan Borg and Gall.

    Abstraction

    Learning media was one of many important factors that helped teachers or students about success in learning process. This research aimed to develop a valid, interesting, and effective learning media. This research used Borg and Gall model which was developed by Sugiyono, and consisted of 10 major steps, they were: issues identification, accumulated information, product design, design validation, reparation design, product trial, final product revision, usability testing, and massal production. Learning media at this research had been validated by some professionals, they were: product and usability trial testing. Based on combination percentage of learning media validation was 82.85% (valid). Attractiveness of this media was measured through a questionnaire of student response at usability testing; it was 92.41% (very interesting). Media effectiveness was measured through testing, activities of teacher and student questionnaire. Based on result test of usability testing, it gained 79.99% (complete). Questionnaire result of teacher activities in usability testing gained 92.5% (very effective) and about student result gained 87.59% (very effective). Based on the data, so we could take a conclusion that development of learning media using index card match at mathematics subject, chapter weight units for student grade IV at SDN Patenteng 1 Bangkalan was very reasonable to be used. Keywords: Learning Media, Index Card Match, Borg and Gall Development Model

Detail Jurnal