Detail Karya Ilmiah

  • Regulasi Diri Mahasiswa Penerima Bidikmisi yang Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan Predikat Cum Laude
    Penulis : Emi Hidayah
    Dosen Pembimbing I : Alifah Rahma Wati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi diri mahasiswa penerima Bidikmisi yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif dengan predikat cum laude. Regulasi diri memiliki enam aspek yaitu standar dan tujuan yang ditentukan sendiri, pengatura emosi, instruksi diri, monitor diri, evaluasi diri dan kontingensi yang ditentukan sendiri. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa penerima Bidikmisi (ND, DD, SA) , dalam penelitian ini adalah memiliki Indeks Prestasi Kumulatif dengan predikat cum laude. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara semiterstruktur. Analisis data mengguanakan teknik Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan data menggunakan triangulasi sumber dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek gambaran tentang regulasi diri pada aspek standar dan tujuan yang ditentukan sendiri, semua subjek memiliki standar dan tujuan dalam jangka pendek dan juga dalam jangka panjang, standar dan tujuan dalam jangka pendek juga digunakan untuk mencapai standar dan tujuan dalam jangka panjang . Pada aspek pengaturan emosi, semua subjek mengatasi emosinya dengar cara yang berbeda. Pada aspek instruksi diri, cara subjek mengarahkan perilaku dengan cara mencari dukungan keluarga dan stimulus positif. Pada aspek monitor diri, subjek akan memunculkan perilaku baru ketika perilaku yang direncanakan memiliki kendala. Pada aspek evaluasi diri, subjek menilai penyebab naik turun IPK yang diperoleh dan kemudian menilai cara yang telah dilakukan. Ada aspek kontingensi yang ditentukan sendiri, subjek menjadi semangat karena dengan mencapai IPK lebih dari 3,50 maka akan dapat memenuhi harapannya yaitu cita-cita, orang tua, dan Bidikmisi. Kata kunci : Regulasi Diri, Mahasiswa Penerima Bidikmisi. Indeks Prestasi Kumulatif dengan Predikat Cum Laude

    Abstraction

    This study aimed to know self regulation of Bidikmisi receiving students who have predicate of cum laude GPA (grade-point average). Self regulation has six aspects: self-defined standards and goals, emotional control, self-instruction, self-monitor, self-evaluation and self-contingency. Subjects in this study were 3 students who received Bidikmisi and have predicate of cum laude grade point average (ND, DD, SA). The sampling technique used purposive sampling technique. Methods of collecting data used semiterstruktur interview techniques. Data analysis used Miles and Huberman techniques. The data checking technique used source and time triangulation. The results of this study indicated that the three subject images of self-regulation in aspects of self-defined standards and goals. This research Result show that third picture subjects about body regulation to standard aspect and the aim that to be determined self, all subjects own standard and aim in short range and also in long range, standard and aim in short range also to be used to to reach. In the aspect of emotional control, all subjects overcome its emotion hear way that different. In the aspect of self-instruction, way subjects instruct it behavior with way to find supporting of family and positive stimulus. In the aspect of self-monitor, subjects will appear it new behavior when the behavior that to be planned to own obstacle.. In the aspect of self-evaluation, subjects evaluate chapterer go up down GPA that be obtained and then evaluate way that had be done.. Then, they assesses the way which has been done. There were aspects of contingency which determined by themselves. subjects become spirit because with to reach GPA more than 3,50 so will can to fulfill his expect that is aim, parent, and Bidikmisi Keywords: Self Regulation, Bidikmisi Receiving Students, Predicate of Cum Laude GPA

Detail Jurnal