Detail Karya Ilmiah

  • Perbedaan Empati Siswa Normal Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Jenis Sekolah (Inklusi dan Reguler)
    Penulis : Lintang Indra Listika
    Dosen Pembimbing I : Alifah Rahma Wati, S.Psi., M.Psi., Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan empati siswa normal tehadap anak berkebutuhan khusus ditinjau dari jenis sekolah (inklusi dan reguler). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 150 siswa normal, yang terdiri dari 75 siswa normal sekolah inklusi dan 75 siswa normal sekolah reguler dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala empati terhadap anak berkebutuhan khusus yang disusun peneliti berdasarkan teori dari Eisenberg (2002) yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan 2 aspek empati. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan independent sampel t-test dengan bantuan program SPSS 23.00 for windows. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan empati siswa normal tehadap anak berkebutuhan khusus ditinjau dari jenis sekolah (inklusi dan reguler). Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai T-Test sebesar 7,490 dengan nilai signifikansi 0,000 (P>0,05), artinya hipotesis penelitian diterima. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu terdapat perbedaan empati siswa normal tehadap anak berkebutuhan khusus ditinjau dari jenis sekolah (inklusi dan reguler). Sekolah inklusi memiliki (M = 154,56) lebih tinggi daripada sekolah reguler (M = 138,08). Kata Kunci : Empati, Anak berkebutuhan Khusus, Siswa normal, Sekolah Inklusi, Sekolah Reguler

    Abstraction

    The purpose of this study is to know the differences of normal students empathy in children with special needs based on the type of school (inclusion and regular). The method used was comparative quantitative method. This study used simple random sampling technique. Subjects of this study were 150 normal students, consisting of 75 normal students from inclusive school and 75 regular students from regular school. The data collected using empathy scale on children with special needs which were developed by researchers based on the theory of Eisenberg (2002) which developed by researchers based on two aspects of empathy. Method of data analysis conducted in this study using independent sample t-test with the help of SPSS 23.00 for windows program. Hypothesis proposed in this study was there is differences of normal students empathy in children with special needs based on the type of school (inclusion and regular). Based on the results of research data analysis obtained t-test value equal to 7,490 with significance value 0,000 (P> 0,05). It means that the hypothesis proposed by the researcher was accepted. This is suitable with the hypothesis proposed by the researcher that there is the differences of normal students empathy in children with special needs based on the type of school (inclusion and regular). Inclusive school (M = 154,56) have higher than regular school (M = 138,08). Keywords : Empathy, Children With Special Needs, Normal Students, Inclusion School, Regular School

Detail Jurnal