Detail Karya Ilmiah

  • perbedaan hardiness pada guru honorer ditinjau dari jenis kelamin
    Penulis : millatul islamiyah
    Dosen Pembimbing I : dr. siti nurfitria., S.Ked., M.biomed
    Dosen Pembimbing II :merry atika., S.Psi., M.Si., Psikolog
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hardiness guru honorer ditinjau dari jenis kelamin di Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Quota Incidental Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, dimana setiap kelompok responden diambil sebanyak 50 orang guru honorer laki-laki dan perempuan yang mengajar di sekolah negeri di kabupaten Pamekasan dan berusia 22 hingga 33 tahun. Untuk mengumpulkan data menggunakan skala Hardiness, yang terdiri dari tiga aspek yakni control, commitment, dan challenge). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 Statistic for Windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t sebesar 1.340 (p=0.183) atau p>0.05, yang artinya tidak terdapat perbedaan hardiness pada guru honorer ditinjau dari jenis kelamin. Adapun setelah dilakukan uji deskriptif kedua kelompok responden maka data dikategorisasikan kedalam 3 kategori yang mana pada kelompok guru honorer laki-laki yang memiliki nilai hardiness rendah sebesar 18%, sedang 70%, rendah sebesar 8%. Sedangkan pada guru honorer perempuan yang memiliki nilai hardiness rendah 18%, sedang sebesar 66%, dan tinggi sebesar16%.

    Abstraction

    This research aims to find out if there is a difference in hardiness honorary teacher reviewed from gender in Pamekasan. These studies use quantitative methods with sampling techniques using the Quota Sampling Incidental. The number of samples in the study as many as 100 people, where each group of respondents taken as many as 50 people honorary teacher of men and women who teach in public schools in Pamekasan and aged 22 to 33 years. To collect the data using the Hardiness scale, which consists of three aspects namely control, commitment, and challenge). Data analysis in this study uses statistics parametric test with independent sample t-test is done with the help of SPSS 16.0 Statistic program for Windows. Based on the results of data analysis the t value obtained of 1,340 (p = 0.183) or p > 0.05, which means There was no difference in hardiness honorary teacher in terms of gender.

Detail Jurnal