Detail Karya Ilmiah
-
PERBEDAAN COPING STRESS DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI DAN NON PSIKOLOGIPenulis : FATIMAH AZZAHRA DDosen Pembimbing I : Ibu Alifah Rahmawati,S.Psi, M.Psi, PsikologDosen Pembimbing II :-Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan coping stress pada mahasiswa jurusan Psikologi dengan non Psikologi yang sedang menyusun skripsi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif komparatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 75 mahasiswa Psikologi yang sedang mengambil skripsi dan 75 mahasiswa Non Psikologi yang mengambil skripsi yang ditentukan oleh teknik sample random sampling. Metode pengambilan data menggunakan angket. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney. Hasil dari penelitian menunjukan terdapat perbedaan dalam memilih jenis coping stress yaitu mahasiswa Psikologi lebih condong kepada emotional focused coping sedangkan mahasiswa Non Psikologi lebih condong kearah problem focused coping. Perbedaan dapat dilihat dari nilai signifikan dalam analisis Mann-Whitney menunjukan nilai emotional focused coping dengan signifikansi 0,045 (P<0,05) dan nilai problem focused coping dengan signifikan 0,022 (P<0,05) yang artinya adalah terdapat perbedaan dalam strategi coping stress pada mahasiswa Psikologi dan Non Psikologi.
AbstractionThis study aims to determine whether there are differences in coping stress students Psychology majors with Non Psychology who are preparing the minithesis. This research approach uses comparative quantitative research approach. The subjects of this study consisted of 75 Psychology students who are taking minithesis and 75 students of Non Psychology who take a minithesis determined by sample random sampling technique. Methods of data collection using questionnaires. Data analysis techniques used are Mann-Whitney. The result of the research shows there are differences in choosing the type of coping stress that is the Psychology student is more inclined to emotional focused coping while the non-psychology student is more inclined towards the problem focused coping. The difference can be seen from the significant value in Mann-Whitney analysis shows the value of emotional focused coping with the significance of 0.045 (P <0.05) and the value of problem focused coping with significant 0.022 (P <0.05) which means there is a difference in coping stress strategy on Psychology and Non Psychology students.