Detail Karya Ilmiah
-
Manajemen Diri Dalam Menghadapi Konflik Peran Pada Mahasiswa Yang MenikahPenulis : Rosa Safira WagiantyDosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawaty, PsikologDosen Pembimbing II :Yuriadi, S.Psi.,M.AAbstraksi
ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi manajemen diri dan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa yang menikah pada saat kuliah yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Pada tiga subjek (DC, SF) ditentukan berdasarkan porposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi struktur. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data dari Miles. Penelitian data menunjukan data manajemen diri terdapat empat aspek yaitu : perencanaan diri, pengorganisasian diri, pelaksanaan diri dan evaluasi diri. Dalam setiap aspek manajemen diri meliputi manajemen sebagai mahasiswa, dan manajemen sebagai ibu rumah tangga. Manajemen sebagai mahasiswa terdiri dari manajemen kuliah dan manajemen ibu rumah tangga. Perencanaan dalam mahasiswa adalah lebih memprioritaskan kuliah, mengerjakan tugas-tugas kuliah. tidak bolos kuliah serta mengurus suami dan anak dengan baik. pengorganisasian diri sebagai mahasiswa adalah mampu mengelopokkan tugas-tugas kuliah. Pelaksanaan diri sebagai mahasiswa adalah kuliah tepat waktu tidak pernah bolos kuliah. Evaluasi diri sebagai mahasiswa lebih memprioritaskan kuliahnya dari pada mengurus rumah tangga. Kata Kunci : Manajemen Diri, Mahasiswa Keluarga
AbstractionABSTRACT : This study aims to mengetauhi self-management and the factors that affect students who married at the time of lectures that use qualitative research methods. On three subjects (DC, SF) were determined on the basis of porposive sampling. Methods of data collection using semi-structured interviews. Data analysis techniques use data collection from Miles. Research data shows self-management data there are four aspects: self-planning, self-organization, self-implementation and self-evaluation. In every aspect of self-management includes management as a student, and management as a housewife. Management as a student consists of lecture management and housewife management. Planning in students is more prioritizing lectures, doing college assignments. not skipping college and taking care of husband and child well. self-organization as a student is capable of making a class of college duties. Implementation as a student is a lecture on time never skipped college. Self-evaluation as a student prioritizes his lecture rather than taking care of the household. Keywords: Self Management, Family Student