Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM PENGEMBANGAN WISATA HUTAN KERA NEPA DI KABUPATEN SAMPANG
    Penulis : TAUFIK HIDAYAH
    Dosen Pembimbing I : Dr. Bani Dartiningsih, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Upaya dan strategi dalam pengembangan wisata memang sangat penting, terutama dalam segi public relationsnya, karena public relations merupakan upaya yang dilakukan dalam sebuah organisasi untuk menciptakan dan memajukan suatu organisasi agar menambah penerimaan khalayak atau masyarakat dengan melakukan komunikasi antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya (sasarannya). Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan pembahasan yang telah disajikan dalam penelitian ini mengenai Strategi Public Relations dalam Pengembangan Wisata Hutan Kera Nepa di Kabupaten Sampang. Strategi yang dilakukan dalam pengembangan wisata hutan kera Nepa pada intinya adalah melakukan kerja sama dengan masyarakat, tidak adanya tarif, dan pelayanan atau keramahan masyarakat, komunikasi yang baik, sehingga dengan strategi tersebut dapat membuat wisatawan tetap berminat bahkan meningkat. Strategi yang digunakan dalam pengembangan wisata hutan kera Nepa di kabupaten Sampang dilihat berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Ronald D. Smith bahwa ada beberapa langkah yang ditetapkan sebagai strategi Public relations, yaitu Penelitian Formatif, Strategi, Tactik, danEvaluasi. Kata Kunci: Strategi Public Relation, Pengembangan Wisata, Hutan Kera Nepa di Kabupaten Sampang

    Abstraction

    Efforts and strategies in the development of tourism is very important, especially in terms of public relations, because public relations is an effort made within an organization to create and promote an organization to increase the public or audience acceptance by communicating between the organization or company with the public (target). This research uses descriptive research type with qualitative approach. Data collection techniques in this study include observation techniques, documentation, and interviews. Data analysis techniques in this study include data collection, data reduction, data presentation, data verification or withdrawal of conclusions. Test of data validity in this research using technique triangulation. Based on the discussion presented in this research on Public Relations Strategy in Tourism Development of Ape Nepa Forest in Sampang District. The strategy undertaken in the development of the Nepa monkey forest is essentially cooperative with the community, the absence of tariffs, and the service or community friendliness, good communication, so that the strategy can keep tourists interested and even increase. The strategy used in the development of Nepa macaque tourism in Sampang district is based on the theory proposed by Ronald D. Smith that there are several steps that are defined as the strategy of Public relations, namely Formative Research, Strategy, Tactic, and Evaluation. Keywords: Public Relations Strategy, Tourism Development, Monkey Forest Nepa in Sampang District

Detail Jurnal