Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PRODUKSI DAN PEMASARAN PROGRAM TAYANGAN MBAH KARSO SEBAGAI PENGANGKAT KEARIFAN LOKAL DI KSTV KEDIRI
    Penulis : Muhammad Ulil Yahya
    Dosen Pembimbing I : Surokim, S. Sos., Msi.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana strategi produksi dan pemasaran program Tayangan Mbah Karso di KSTV Kediri dalam memperkenalkan kearifan lokal. Program Mbah Karso merupakan program unggulan yang dimiliki oleh KSTV Kediri, program ini berkonsep Liputan dan Komedi dimana hal ini membuat program disukai oleh masyarakat. Itulah mengapa program Mbah Karso ini sangat menarik untuk diteliti. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan diskriptif,sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap program Mbah Karso di KSTV Kediri.Hasil penelitian menunjukan bahwa program Mbah Karso yang dimiliki oleh KSTV Kediri merupakan program unggulan yang unik. Program ini menjadi program unggulan diKSTVkarena didukung dengan banyak faktor yang digunakan sebagai strategi. Strategi yang unik tersebut diantaranya adalah tokoh yang unik dan berpengalaman yang berdandan seperti kakek – kakek ditambah lagi program ini langsung berbaur kepada masyarakat. Ketepatan strategi inilah yang terus menunjang pemasaran program Mbah Kasro sehingga terus berjalan di KSTV Kediri sebagai program unggulan. Kata Kunci: Strategi Program Televisi lokal, Marketing Mix, Analisis SWOT.

    Abstraction

    ABSTRACK This research has purposes to analyze how the production and marketing strategies on Television program MbahKarso in the KSTV Kediri channel to introducing the local wisdom. MbahKarso includes the superior program in this channel, the concept of this Television program are coverage and comedy which become the favorite program for societies. That’s the reason why MbahKarso program very interesting to be analyzed. The method of this research is qualitative research by using descriptive approach, whereas the technique of collecting data by interview, observation, and documentation which is focus on MbahKarso program. The result of this research has given proof that MbahKarso program became the superior and unique program. This program became superior Television program because use a lot of strategies. The unique strategies such as character of Mbahkarsohad make-up like a grandfather but he’s very amusing and experienced which is close to the societies. The accuracy of these strategies that can make the Mbahkarso program on KSTV Kediri is still constant and to be the superior Television program. Keywords: Program Strategies on the Local Television, Marketing Mix, SWOT analysis

Detail Jurnal