Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas public relations Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) untuk meningkatkan daya tarik wisata yang datang ke wisata Air Terjun 7 Tingkat Desa Mbalu, Kecamatan Rejoso Kabupateng Nganjuk, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian terdiri dari informan kunci yaitu koordinator Kesatuan Pengelola Hutan Sambikerep dan informan pendukung yaitu penjaga wisata Air Terjun 7 Tingkat ini dan salah satu pengunjung wisata ini. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap dengan langkah-langkah adalah reduksi data, penyajian data dan Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian aktivitas public relations di untuk wisata Air Terjun 7 Tingkat Desa Mbalu, Sambikerep Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk untuk mengenalkan dan meningkatkan daya tarik wisata dengan menggunakan langkah-langkah dalam membentuk Strategi Public Relations yaitu: 1). Tahap menganalisa dan mengaudit Komunikasi 2). Merumuskan Tujuan dan Mendapatkan Waktu 3). Menentukan publik dan personal yang terlibat 4). Anggaran (Budget) 5). Program Perencanaan 6). Evaluasi 7). Traget yang dicapai. Setelah sukses melakukan langkah-langkah public relations , mulailah para KPH melakukan Strategi-Strategi Public Relations sebagai berikut: 1). Melakukan Event 2). News (Pesan atau berita) 3). Corporate Identity (Citra Perusahaan) 4). Community Involment (Hubungan Dengan Khalayak) 6). Social Responsibilty . Kata kunci: Aktivitas KPH, Strategi Public Relations

    Abstraction

    The researcher aims to know the activity of public relations (Unity of Forest Managers) to introduce and enhace the attractiviness of tourism coming to the Waterfall Tour 7 Levels of Village Mbalu, Sambikerep District Rejoso Nganjuk District. This research is aqualitative research. The research’s informant consisted of key informant that is coordinator KPH Sambikerep and supporting informant that is tour guard waterfall 7 levels and one of visitors this tour. Data collections techniques obtained by observations, techniques, interviews, and documentation. Data analysis techniques used throught several stages with the steps is data reduction, data presentations, and data validity techniques using source triangulations. The result of eseacrch public relations activities for Waterfall Tourism 7 Levels of Village Mbalu, Sambikerep District Rejoso Nganjuk District to introduce and enhace tourist aatraction by using the steps in forming public relations Strategy that is : 1). The stages of analyzing and auditing communications 2). Formulate goals and get time 3). Determine the public and the person involved 4). Budget 5). Program Planning 6). Evaluations 7). Targets achieved. After successfully perfoming public relations steps, start KPH doing the following public relations strategies : 1). Doing Event 2). News 3). Corporate Identity 4). Community Involment 5). Social Responsibilty. Keywords : KPH activity, Strategy Public Relations

Detail Jurnal