Detail Karya Ilmiah

  • Hambatan Komunikasi Mahasiswa Dalam Proses Perkuliahan (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UTM)
    Penulis : Wahyu Nurhidayah
    Dosen Pembimbing I : Imam Sofyan, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor hambatan komunikasi mahasiswa dalam proses perkuliahan di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap referensi akademik seputar faktor hambatan komunikasi mahasiswa dalam proses perkuliahan. Untuk metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dilakukan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses perkuliahan di kelas terdapat faktor penghambat komunikasi. Dari faktor-faktor penghambat komunikasi yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa jika terjadi hambatan komunikasi dalam proses perkuliahan di kelas dapat menyebabkan kesalahfahaman dan mahasiswa tidak mengerti secara maksimal terhadap materi yang disampaikan oleh dosen. Sehingga hal tersebut membuat proses komunikasi yang terjadi tidak efektif.

    Abstraction

    The research to find out the obstacle factor of collage student communication in lecturing process at the class. This research is expected to contribute to academic reference about the factors of student communication barrier in lecturing process. Data collection methods use participative observation, interviews and documentation which then performed data presentation and conclusion. The results of this research indicate that in the lecturing process in the classroom there are communication barrier factors. Of the communication barrier factors found in this research indicate that if there is communication barrier in lecturing process in the classroom can cause misunderstanding and students do not understand maximally to the material presented by the lecturer. So it makes the communication process that happens is not effective. Keywords: Collage Student, Communiation Barrier, Lecturing Process

Detail Jurnal